Mayangsari, Cynthia Arinda and Dr. Adji Achmad Rinaldo Fernandes,, S.Si., M.Sc. (2022) Multigroup Analysis Pada Structural Equation Modeling Dengan Pendekatan Warppls Pada Keterikatan Konsumen (Studi Kasus Pada Pertashop Pt Pertamina Patra Niaga). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Analisis Structural Equation Modeling (SEM) merupakan analisis yang dilakukan untuk mengetahui hubungan antar variabel eksogen dan endogen yang dilakukan secara bersamaan atau simultan. Data penelitian sering kali tidak diketahui pola hubungan antar variabelnya, sehingga analisis WarpPLS dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Variabel yang memiliki sifat untuk memperkuat atau memperlemah hubungan antara variabel eksogen dan endogen, yaitu variabel moderasi. Variabel moderasi yang berupa kategori dapat diatasi dengan analisis SEM dengan metode Multigroup Analysis. Pada penelitian ini digunakan Multigroup Analysis pada SEM dengan pendekatan WarpPLS pada kasus dua grup dengan studi pada variabel kualitas layanan, wilayah, kepuasan konsumen, dan keterikatan konsumen Pertashop PT Pertamina Patra Niaga di wilayah Kota Malang dan Kabupaten Malang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel sebesar 90 orang. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan: (a) Terdapat perbedaan pemodelan keterikatan konsumen Pertashop PT Pertamina Patra Niaga di wilayah Kota Malang dan Kabupaten Malang. (b) Variabel moderasi wilayah dapat menjadi variabel moderasi hubungan antara variabel kualitas layanan dan kepuasan konsumen serta hubungan antara kualitas layanan dan keterikatan konsumen, namun tidak dapat menjadi moderasi hubungan antara variabel kepuasan konsumen dan keterikatan konsumen.
English Abstract
Structural Equation Modeling (SEM) is an analysis carried out to determine the relationship between exogenous and endogenous variables simultaneously or simultaneously. Research data often do not know the pattern of the relationship between the variables, so WarpPLS analysis can be used to overcome these problems. Variables that have properties to strengthen or weaken the relationship between exogenous and endogenous variables, namely moderating variables. Moderating variables in categories can be analyzed by SEM analysis with the Multigroup Analysis method. In this study, Multigroup Analysis used on SEM with the WarpPLS approach in the case of two groups with reflections on the variables of service quality, region, customer satisfaction, and consumer engagement of PT Pertamina Patra Niaga's Pertashop in Malang City and Malang Regency. The sampling technique in this study was purposive sampling with a sample of 90 people. From this research, it can be concluded: (a) There are differences in PT Pertamina Patra Niaga's Pertashop consumer engagement modeling in the Malang City and Malang Regency areas. (b) A regional moderating variable can be a moderate variable the relationship between service quality and customer satisfaction variables and also the relationship between service quality and consumer engagement but cannot be a moderate variable the relationship between customer satisfaction and consumer engagement variables.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052209 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis SEM, Keterikatan Konsumen, Multigroup, Moderasi, WarpPLS, SEM Analysis, Customer Engagement, Multigroup Analysis, Moderation, WarpPLS. |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics > 519.5 Statistical mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika |
Depositing User: | PKN 03 UB |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:17 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201135 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Cynthia Arinda Mayangsari.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |