Pengaruh Penambahan Etanol Pada Pertalite Terhadap Nilai Oktan dan Karakteristik Pembakaran Droplet

Fahmiy, Muh Ilham and M.Eng., Ph.D., Prof. Ir. I.N.G. Wardana, and Ph.D., Prof. Ir. Sudjito S., (2022) Pengaruh Penambahan Etanol Pada Pertalite Terhadap Nilai Oktan dan Karakteristik Pembakaran Droplet. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan bahan bakar pertalite ditujukan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 9:1 hingga 10:1. Sedangkan kendaraan-kendaraan baru saat ini memiliki rasio kompresi 12 ke atas. Pertalite yang hadir dari tahun 2015 silam ini apabila masih tetap digunakan di masa sekarang, maka diperlukan peningkatan (improvement) pada bahan bakar, agar nilai oktannya dapat naik dan memiliki efisiensi tinggi serta lebih ramah lingkungan. Apabila penggunaan pertalite tetap dipaksakan tanpa adanya peningkatan kualitas bahan bakar, maka akan rawan terjadinya mesin menggelitik (knocking) pada silinder mesin. Pada penelitian ini akan dibahas pengaruh properti yang dimiliki etanol pada kandungan bahan bakar pertalite yang terdiri dari 90% iso oktana dan 10% n heptana. Pengaruh yang diberikan dapat dengan menambahkan cabang rantai pada kandungan n heptana yang awalnya lurus menjadi bercabang agar memiliki sifat tidak terlalu mudah terbakar atau mengubah cabang rantai pada kandungan iso oktana yang awalnya bercabang menjadi lurus agar dapat memiliki sifat lebih mudah terbakar. Selain berpengaruh terhadap struktur rantai pada senyawa pertalite, penambahan etanol juga dapat berpengaruh pada total energi yang dihasilkan, salah satunya pada total energinya yang terdiri dari energi potensial dan energi kinetik. Total energi ini nantinya dapat berpengaruh terhadap kemudahan campuran bahan bakar dalam berreaksi. Berdasarkan hipotesa di atas, maka penulis melakukan penelitian mengenai pengaruh properti bahan bakar pertalite dengan penambahan etanol sebagai RON Booster terhadap karakteristik pembakaran droplet. Pada penelitian ini penambahan etanol dengan presentase 0%, 1%, 2,5% dan 5% dari volume campuran yang digunakan sebagai RON Booster pada bahan bakar pertalite untuk mengetahui perubahan karakteristik pembakarannya. Karakteristik pembakaran dari droplet yang diamati pada penelitian ini meliputi ignition delay time, burning duration, tinggi api dan temperatur droplet. Pengamatan dilakukan pada tahap evaporasi hingga tahap pembakaran dari droplet.

English Abstract

The use of pertalite fuel is intended for vehicles that have a compression ratio of 9:1 to 10:1. Meanwhile, new vehicles currently have a compression ratio of 12 and above. Pertalite, which was present from 2015 ago, if it is still used today, it is necessary to improve (improvement) in the fuel, so that the octane value can increase and have high efficiency and be more environmentally friendly. If the use of pertalite is still forced without improving fuel quality, it will be prone to engine knocking (knocking) in cylinder engines. In this research, we will discuss the effect of the properties possessed by ethanol on the fuel content of pertalite which consists of 90% iso octane and 10% n heptane. The effect can be given by adding a branched chain in the n heptane content which was initially straight to become branched so that it has less flammable properties or changing the branched chain in the iso octane content which was originally branched to be straight so that it has more flammable properties. Besides affecting the chain structure of the pertalite compound, the addition of ethanol can also affect the total energy produced, one of which is the total energy consisting of potential energy and kinetic energy. This total energy can later affect the ease with which the fuel mixture reacts. Based on the hypothesis above, the authors conducted research on the effect of pertalite fuel properties with the addition of ethanol as RON Booster on the characteristics of combustion droplets. In this study the addition of ethanol with a percentage of 0%, 1%, 2.5% and 5% of the volume of the mixture used as a RON Booster on pertalite fuel to determine the features of combustion changes. The combustion characteristics of the droplets observed in this study include ignition delay time, burning duration, high flame and droplet temperature. Observations were made from the evaporation stage to the droplet combustion stage

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422070037
Uncontrolled Keywords: pertalite, etanol, nilai oktan, knocking dan droplet. .- pertalite, ethanol, octane value, knocking and droplets.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.8 Machine engineering
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Mesin, Fakultas Teknik
Depositing User: PKN 02 UB
Date Deposited: 08 Jun 2023 01:26
Last Modified: 08 Jun 2023 01:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/201118
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ilham Fahmiy.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item