Perencanaan Strategi Pemasaran Untuk Membangun Brand Image Pada Produk Olahan Keripik Apel Berdasarkan Model AAKER

Wahyu D.S.P, Dio Fatica and Ir. Ratih Ardia Sari,, ST., MT. (2023) Perencanaan Strategi Pemasaran Untuk Membangun Brand Image Pada Produk Olahan Keripik Apel Berdasarkan Model AAKER. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UD Ramayana Agro Mandiri sebuah agribisnis yang memproduksi oleh-oleh khas Kota Batu untuk makanan olahan seperti keripik apel. Menurut data dari Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan Kota Batu terdapat 9215 UMKM yang bergerak dibidang agribisnis dan sebagian bergerak di sentra produksi oleh-oleh olahan apel, hal ini menyebabkan terjadinya persaingan antar produsen yang memproduksi produk sejenis seperti produk olahan kripik apel oleh UD Ramayana Agro Mandiri. Selain itu, dari pre- eliminasi study didapakan bahwa dari 100 responden hanya 30 responden yang menyatakan merek Ramayana ada dibenak mereka saat membeli keripik apel. Tujuan penelitian ini untuk merencakana strategi pemasaran untuk membangun brand image pada keripik apel Ramayana. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah SWOT dengan perceptual mapping untuk menentukan posisi merek Ramayan dengan merek kompetitor yaitu keripik apel merek Kanekane dan Fiona, model AAKER (brand equity) sebagai dimensi dalam kuesioner untuk mengetahui brand image pada keripik apel Ramayana, dan Best Worst Method memilih strategi yang unggul untuk meningkatkan brand image. Berdasarkan pengolahan data, hasil perceptual mapping keripik apel Ramayana unggul dalam segi harga, merek Kanekane unggul dalam segi kualitas dan packaging, serta merek Fiona unggul dalam segi promosi. Analisis brand image dengan dimensi AAKER (brand equity) disimpulkan bahwa brand awareness konsumen terhadap produk keripik apel Ramayana tidak terlalu kuat. Pada analisis SWOT didapatkan strategi-strategi dimana strategi tersebut akan dilakukan pembobotan pada BWM-Solver dan didapatkan strategi terbaik yang dapat dilakukan UD Ramayana Agro Mandiri untuk meningkatkan brand image adalah strategi ST-a dengan nilai bobot 0,22900763. Strategi ini merekomendasikan untuk mempertahankan mutu dan citra produk (brand image) yang sudah dimiliki untuk meningkatkan loyalitas konsumen.

English Abstract

UD Ramayana Agro Mandiri is an agribusiness that produces typical souvenirs from Batu City for processed foods such as apple chips. According to data from the Office of Cooperatives, Micro Enterprises, and Trade in Batu City, there are 9,215 MSMEs engaged in agribusiness, and some of them are engaged in production centers for processed apple souvenirs. This has led to competition between producers who produce similar products, such as processed apple chips by UD. Ramayana Agro Mandiri. In addition, from the pre- elimination study, it was found that out of 100 respondents, only 30 stated that the Ramayana brand was in their minds when buying apple chips. The purpose of this study is to plan a marketing strategy to build a brand image for Ramayana apple chips. The methods used in this study are SWOT with perceptual mapping to determine the position of the Ramayan brand with competing brands, namely Kanekane and Fiona apple chips; the AAKER (brand equity) model as a dimension in the questionnaire to find out the brand image of Ramayana apple chips; and the Best Worst Method for choosing a superior strategy to enhance brand image. Based on data processing, the results of the perceptual mapping of Ramayana apple chips are superior in terms of price; the Kanekane brand is superior in terms of quality and packaging; and the Fiona brand is superior in terms of promotion. Brand image analysis with the AAKER (brand equity) dimension concluded that consumer brand awareness of Ramayana apple chips is not very strong. The strategy where the strategy will be weighted on the BWM-Solver and the best strategy that can be carried out by UD Ramayana Agro Mandiri to increase brand image is the ST-a strategy with a weight value of 0.2290763, according to the SWOT analysis.This strategy recommends maintaining the quality and image of the product (brand image) that is already owned to increase consumer loyalty

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522070437
Uncontrolled Keywords: Brand Image, AAKER (Brand Equity), Perceptual Mapping, Best Worst Method
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:37
Last Modified: 06 Jun 2023 07:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200936
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dio Fatica.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item