Nurhuwaida, Rifa and Dr. Zainal Abidin, S.Pi, MBA, MP (2023) Pengaruh Social Media Marketing Melalui Instagram Terhadap Minat Berkunjung yang Dimediasi Oleh Destination Image pada Kawasan Gunung Pithing Mangrove Conservation (GPMC), Dusun Tamban, Malang Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Internet saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat terutama penggunaan social media. Maraknya penggunaan social media oleh masyarakat membuat pengelola kawasan ekowisata tertarik untuk melakukan kegiatan pemasaran melalui social media atau dapat disebut social media marketing. Social media marketing ini dilakukan oleh pihak pengelola supaya dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke kawasan ekowisatanya. Salah satu kawasan ekowisata yang melakukan social media marketing adalah Kawasan Gunung Pithing Mangrove Conservation (GPMC). Kegiatan social media marketing yang dilakukan oleh pihak Kawasan GPMC masih perlu dilakukan suatu analisis supaya kegiatan pemasaran tersebut dapat meningkatkan minat wisawatawan untuk berkunjung. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 hingga September 2022 secara online. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian survei dengan jenis penelitian eksplanatori. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan pendekatan non-probability sampling dengan teknik accidental sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 120 responden dengan syarat aktif menggunakan akun Instagram dan berumur di atas 17 Tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dengan skala likert dan observasi. Data yang didapatkan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis WarpPLS dan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pada social media marketing memiliki pengaruh terhadap minat berkunjung baik secara signifikan maupun secara tidak signifikan. Selain itu, variabel pada social media marketing juga memiliki pengaruh terhadap destination image baik secara signifikan maupun tidak signifikan. Destination image yang terbentuk di masyarakat terhadap Kawasan GPMC dapat mempengaruhi minat untuk berkunjung ke Kawasan GPMC. Destination image juga memiliki peran untuk memediasi 3 variabel pada social media marketing (entertainment, customization, dan electronic word of mouth) terhadap minat berkunjung. Hal ini dapat disimpulkan bahwa social media marketing terdapat yang memiliki hubungan maupun tidak memilki hubungan terhadap tingkat minat berkunjung ke Kawasan GPMC dan destination image Kawasan GPMC. Tidak hanya itu, destination image Kawasan GPMC memiliki hubungan terhadap minat berkunjung ke Kawasan GPMC serta destination image juga memediasi social media marketing terhadap minat berkunjung. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat memilih akun Instagram yang sudah lama terbentuk dan konten yang tersedia sudah banyak sebagai objek penelitian, dapat menambahkan atau mengganti variabel mediasi serta indikator yang digunakan. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat membuat pengelola Kawasan GPMC untuk memperbaiki kualitas pemasaran yang dilakukan melalui akun Instagram @gpmc.kedungijo.
English Abstract
The internet has now become a necessity for the community, especially the use of social media. The widespread use of social media by the public has made ecotourism area managers interested in carrying out marketing activities through social media or it can be called social media marketing. This social media marketing is carried out by the management to increase the interest of tourists to visit the eco-tourism area. One of the ecotourism areas that conduct social media marketing is the Mount Pithing Mangrove Conservation (GPMC) area. Social media marketing activities carried out by the GPMC Region still need to be analyzed so that these marketing activities can increase the interest of tourists to visit. The research was carried out from August 2022 to September 2022 online. The research was conducted using a survey research method with the type of explanatory research. Sampling in this study used a non-probability sampling approach with an accidental sampling technique. The sample used in this study was 120 respondents with the condition that they actively use Instagram accounts and are over 17 years old. The data collection technique used was a questionnaire with a Likert scale and observation. The data obtained in this study were analyzed using the WarpPLS analysis method and descriptive analysis. The results of this study indicate that variables in social media marketing influence visiting intentions, both significantly and not significantly. In addition, the variables in social media marketing also influence the destination image, both significantly and not significantly. The destination image that is formed in the community towards the GPMC Area can influence interest in visiting the GPMC Area. Destination image also has a role to mediate 3 variables in social media marketing (entertainment, customization, and electronic word of mouth) on visiting intentions. It can be concluded that social media marketing has a relationship or does not have a relationship with the level of interest in visiting the GPMC area and the destination image of the GPMC area. Not only that, the destination image of the GPMC area has a relationship with the interest in visiting the GPMC area and the destination image also mediates social media marketing toward the interest in visiting tourists. Future research is expected to be able to choose Instagram accounts that have been formed for a long time and there is already a lot of content available as research objects, that can add or replace mediating variables and indicators used. It is also hoped that the results of this study will enable GPMC Area managers to improve the quality of marketing carried out through the Instagram account @gpmc.kedungijo.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523080039 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 06:42 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 06:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200903 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rifa Nurhuwaida.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |