Karakteristik dan Perilaku Konsumen Kedai kopi di Kota Malang

Pradana, Febry Putra and Bayu Adi Kusuma (2022) Karakteristik dan Perilaku Konsumen Kedai kopi di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi adalah salah satu hasil produksi perkebunan yang saat ini sedang banyak di minati oleh berbagai kalang mulai dari sektor bisnis atau hanya sekedar sebagai penikmat kopi. Kebiasaan meminum kopi berawal dari kebiasaan orang Indonesia yang suka sekali berkumpul bersama teman dan profesi kebanyakan orang indonesia pada saat itu yang mayoritas berprofesi sebagai buruh dipasar dan pelabuhan yang membuat mereka menghabiskan waktu dengan mengkonsumsi kopi sembari menunggu pekerjaan mereka. Hingga kini industri kopi di Indonesia sudah berkembang sangat pesat. Dengan banyaknya kedai kopi yang muncul dengan identitas produk dan fasilitas yang beragam, membuat terciptanya konsumen yang memiliki karakteristik dan perilaku yang beraneka ragam pula. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui karakteristik dan perilaku konsumen kedai kopi di Kota Malang seperti apa. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksploratif dan bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen kedai kopi di Malang secara sebanyak 131 orang. Metode analisa data menggunakan table frekuensi dan Crosstab dengan teknik uji Chi square. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain : 1. Karakteristik konsumen kedai kopi di KOTA MALANG mayoritas adalah laki-laki dengan rentan umur kurang dari 25 tahun, berprofesi sebagai mahasiswa dengan pendapatan kurang dari Rp. 2.500.000. 2. Perilaku konsumen kedai kopi di KOTA MALANG dari 131 responden, melakukan kunjungan kekedai kopi setiap hari sabtu dengan jam kunjung sore-malam, dalam 1 bulan konsumen dapat berkunjung sebanyak 4 kali, responden pada penelitian melakukan kegitan berkunjung dengan kegiatan nongkrong bersama teman-teman, jenis menu yang dipesan untuk minuman kebanyak coffee dan makan ringan. 3. transaksi yang dilakukan pada sekali berkunjung kebanyakn kurang dari Rp 25.000 dan durasi yang dihabiskan untuk berkunjung adalah 2-4 jam. 4. Hubungan karakterisitk dengan perilaku responden diketahui: a. Jenis kelamin berpengaruh signifikan dengan durasai kunjung dan spending money. b. Usia berpengaruh signifikan dengan waktu kunjung dan spending money. c. Pendapatan berpengaruh signifikan dengan spending money.

English Abstract

Coffee is one of the plantation products that is currently in great demand by various groups, starting from the business sector or just as a coffee connoisseur. The habit of drinking coffee originates from the habit of Indonesians who loved to gather with friends and the profession of most Indonesians at that time, the majority of whom worked as market and port laborers, which made them spend time consuming coffee while waiting for their work. Until now the coffee industry in Indonesia has developed very rapidly. With so many coffee shops appearing with various product identities and facilities, it creates consumers who have various characteristics and behaviors. So this research was conducted to find out the characteristics and behavior of coffee shop consumers in Malang City. This research is a type of exploratory research and is descriptive in nature. The data collection method in this study used a questionnaire. Respondents in this study were 131 dine-in coffee shop consumers in Malang. The data analysis method uses frequency tables and crosstabs with the Chi square test technique. The results obtained from this study include: 1. Characteristics of coffee shop consumers in MALANG CITY the majority are men with a vulnerable age of less than 25 years, work as students with an income of less than Rp. 2,500,000. 2. Consumer behavior of coffee shops in MALANG CITY of 131 respondents, visiting coffee shops every Saturday with visiting hours in the afternoon and evening, in 1 month consumers can visit 4 times, respondents in the study visited activities by hanging out with friends , the type of menu ordered for drinks is mostly coffee and light meals. 3. Transactions made on a single visit are mostly less than IDR 25,000 and the duration spent visiting is 2-4 hours. 4. The relationship between the characteristics of the respondent's behavior is known:a. Gender has a significant effect on the duration of visits and spending money. b. Age has a significant effect on visiting time and spending money. c. Income has a significant effect on spending money.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522040577
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Jun 2023 06:17
Last Modified: 06 Jun 2023 06:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200879
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Febry Putra Pradana.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item