Nugroho, Benedictus Eko Setyo Budi and Nafisah Arina Hidayati,, ST., M.Eng. (2023) Pemodelan Tulang Femur Akibat Beban Impak Tabrakan Sepeda Motor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tulang femur adalah tulang terpanjang dan terkuat yang dimiliki manusia, dimana tulang ini menghubungkan bagian pinggul dengan lutut. Di jalan raya, kasus patah tulang anggota gerak bawah banyak terjadi akibat kecelakaan kendaraan bermotor dan pejalan terutama pada kendaraan roda dua. Pada penelitian ini digunakan model tulang femur yang didapatkan dari CT scan tulang femur yang diubah menjadi data CAD, kemudian dilakukan analisis menggunakan software metode elemen hingga yaitu ANSYS Multhyphysics/LS-Dyna. Tulang femur diberikan gaya impak berupa tabrakan sepeda motor yang dimodelkan dengan impactor yang diberi variasi kecepatan pada bagian diaphysis tulang femur. Hasil dari pemodelan tersebut diperoleh nilai tegangan yang diambil pada 3 area tulang femur dan nilai displacement yang diambil dari 3 titik pada bagian diaphysis tulang femur. Dari pemodelan tulang femur dengan uji tabrak didapatkan hasil tegangan yang terjadi pada kecepatan 20 km/jam memiliki nilai tegangan yang terbesar dikarenakan ketika tulang femur mengalami tegangan akibat tabrakan dengan kecepatan rendah kondisi masih dalam kedadaan berdiri, sehingga tulang femur masih memiliki tahanan gaya aksial yang menyebabkan tegangan yang dihasilkan memiliki nilai tinggi, dan nilai displacement terbesar yang didapatkan juga terjadi pada kecepatan rendah yaitu 20 km/jam dikarenakan tulang femur masih mampu menahan gaya yang dihasilkan sehingga mengalami defleksi dengan nilai displacement yang besar , sedangkan pada kecepatan yang relatif tinggi nilai displacement dan tegangan yang dihasilkan memiliki nominal yang kecil dikarenakan tulang femur sudah mengalami kegagalan.
English Abstract
Femur is the longest and strongest human’s bone, which connect hip with knee. On the road, many lower body bone fracture case happened due to vehicle collision with pedestrian especially on motorcycle collision. On this research, femur bone model obtained from CT scan which modified to CAD data, then using ANSYS Multhiphysics/LS-Dyna, finite element method software for analytic. Impact load applied to femur in the form of motorcycle collision which modelled by impactor with speed variations on diaphysis. From this modelling stress value on 20 km/h have a highest value because when femur had a collision, femur is hold on standing state, with the result that femur still have a axial load resistance which cause stress value got a high value . Displacement value also have a highest value on 20 km/h because femur still can resist load from the collision, where on the fastest speed the displacement value got a lowest value because this femur run into failure condition.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523070019 |
Uncontrolled Keywords: | Tulang femur, Metode elemen hingga .- Femur, Finite element method |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.8 Machine engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 03:06 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 03:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200829 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Benedictus Eko Setyo Budi Nugroho.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |