Manajemen Risiko Salak Pondoh di Tingkat Petani dan Pengepul di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Lumajang dengan Metode Analytical Network Process (ANP)

Huda, Fahrizal Habil and Prof. Dr. Ir. Djoko Koestiono and Anisa Aprilia (2023) Manajemen Risiko Salak Pondoh di Tingkat Petani dan Pengepul di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo Lumajang dengan Metode Analytical Network Process (ANP). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Risiko adalah suatu peristiwa yang mempunyai kemampuan dalam mempengaruhi kefektifan dan efisiensi kegiatan operasional. Sektor pertanian sebagai sektor penopang perekonomian nasional tentu memiliki ancaman risiko dalam setiap kegiatan operasionalnya mulai dari tingkat usahatani hingga korporasi. Desa Sidomulyo merupakan suatu daerah yang berpotensi besar untuk pengembangan pertanian komoditas salak pondoh dimana pada tahun 2018 ke tahun 2020 jumlah produksi yang dihasilkan mengalami peningkatan sebesar 21.863 kwintal (116%). Akan tetapi untuk penerepan manajemen risiko dalam usaha pertanian yang dilakukan masih rendah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini membantu para pelaku usaha di sektor pertanian di Desa Sidomulyo dalam upaya penanganan risiko yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam penlitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis data diagram fishbone dan Analytical Network Procces (ANP) dengan aplikasi Superdecision 3.2.0 untuk mengkaji mengenai manajemen risiko pada pertanian di Desa Sidomulyo. Penelitian ini mengunakan metode penentuan sampel non-probability dengan teknik snowball sampling dengan menetapkan kepala BPP Kecamatan Pronojiwo sebagai keyresponden dan untuk total responden dalam penelitian ini sejumlah sebelas orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko produksi, risiko finansial, risiko pasar, risiko kelembagaan, dan risiko sumber daya manusia mempengaruhi kegaiatan usaha pertanian di Desa Sidomulyo. Dengan jenis risiko yang menjadi prioritas ditingkat petani adalah ketidakpastian harga (0,231), iklim dan cuaca (0,205), dan modal usaha (0,114) sedangkan untuk jenis risiko yang menjadi prioritas ditingkat pengepul adalah ketidakpastian permintaan (0,214), modal usaha (0,208), dan ketidakpastian harga (0,159).

English Abstract

The risk can be define of an event that has the ability to affect the effectiveness and efficiency of operational activities. The agricultural sector as a supporting sector for the national economy certainly has risks in every operational activity, starting from the farm to corporate level. Sidomulyo Village is an area with great potential for the development of pondoh salak commodity agriculture where from 2018 to 2020 the amount of production produced increasing 21.863 quintal (116%). However, the implementation of risk management in agricultural business is still low. Therefore, this research was conducted to assist business actors in the agricultural sector in Sidomulyo Village in their efforts to deal with the risks they face. The method used in this research uses a quantitative approach with the fishbone diagram data analysis method and Analytical Network Processes (ANP) with the Superdecision 3.2.0 application to study risk management in agriculture in Sidomulyo Village. This study used a non-probability sampling method with a snowball sampling technique by appointing the head of the Pronojiwo District Agricultural Extension as the key respondent and for a total of eleven respondents in this study. The results of the study show that production risk, financial risk, market risk, institutional risk, and human resource risk affect agricultural business activities in Sidomulyo Village. The types of risk that are prioritized at the farm level are price uncertainty (0,231), climate and weather (0,205), and business capital (0,114) while the types of risk that are prioritized at the middleman level are demand uncertainty (0,214), capital access (0,208), and price uncertainty (0,159).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523040058
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Jun 2023 02:52
Last Modified: 06 Jun 2023 02:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200821
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fahrizal Habil Huda.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item