Analisis Perumusan Strategi IMK Djamoe Soedirdjo menggunakan matriks IFE EFE, IE dan QSPM

Haq, Aqsha Rafsanjani and Ir. Wifqi Azlia.,, ST., MT., IPM. (2022) Analisis Perumusan Strategi IMK Djamoe Soedirdjo menggunakan matriks IFE EFE, IE dan QSPM. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Djamoe Soedirdjo merupakan salah satu sektor industri makanan & minuman di Kota Malang. Djamoe Soedirdjo mempunyai beberapa masalah dalam berjalannya usaha. Pertama adalah angka penjualan yang cenderung turun terus menerus terhitung mulai dari Januari 2020 hingga 2021, pada bulan Januari 2020 penjualan Djamoe Soedidjo mencapai 4542 botol, namun terus turun hingga mencapai 865 pada bulan Desember 2021. Djamoe Soedirdjo juga mempunyai masalah dalam bidang sumber daya manusia, yaitu terjadi penumpukan pekerjaan pada salah satu sumber daya manusia. Hal ini disebabkan minimnya sumber daya manusia yang dipekerjakan, sehingga banyak pekerjaan yang kurang maksimal dikerjakan. Selain itu Djamoe Soedirdjo juga mengalami kendala kurang maksimalnya strategi pemasaran yang diterapkan oleh Djamoe Soedirdjo. Penelitian ini menggunakan analisis Strategy-Formulation Analytical Framework, yang dimana tahapannya dimulai dari input stage, matching stage, dan decision stage. Pada input stage akan menggunakan IFE Matrix untuk mengevaluasi faktor internal perusahaan dan EFE Matrix untuk mengevaluasi faktor eksternal perusahaan. Setelah itu adalah tahap matching stage yang menggunakan analisis matriks SWOT, matriks IE. Selanjutnya tahap terakhir yaitu decision stage, yang bertujuan untuk memberikan urutan prioritas strategi dengan menggunakan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Berdasarkan penelitian dan identifikasi, terdapat 36 faktor yang terdiri dari 17 faktor internal dan 26 faktor eksternal. Setelah faktor internal dan eksternal diidentifikasi, lalu dilakukan penilaian menggunakan matriks IFE dan EFE. Pada matriks IFE dilakukan penilaian berdasarkan kondisi internal perusahaan, dan nilai yang didapat adalah sebesar 2,901. Sedangkan untuk matriks EFE dilakukan penilaian berdasar kondisi eksternal perusahaan, dan nilai yang didapat adalah sebesar 2,678. Selanjutnya dilakukan tahap matching stage dengan menggunakan matriks IE, matriks SWOT, dan didapat 6 alternatif strategi. yang selanjutnya dilakukan perhitungan QSPM untuk mendapatkan prioritas strategi yang dapat diterapkan. Sehingga didapatkan alternatif strategi yang dapat diterapkan perusahaan beserta prioritasnya. Pertama, melakukan penetrasi pasar dengan memaksimalkan seluruh fitur sosial media & e-commerce yang dimiliki Djamoe Soedirdjo dengan konten mengikuti tren yang sedang booming dan dengan bantuan influencer. Kedua, mengembangkan kualitas & melakukan inovasi dari produk. Ketiga, melakukan penetrasi pasar dengan mengadakan event offline kolaborasi dengan komunitas-komunitas. Keempat, menambah karyawan magang yang berasal dari SMK di Malang. Kelima, melakukan evaluasi kinerja perusahaan secara berkala mengenai kondisi internal & eksternal perusahaan. Keenam, Membuat program usaha konyisasi atau reseller produk djamoe soedirdjo

English Abstract

Djamoe Soedirdjo is one of business in the food & beverage industry sectors in Malang. Djamoe Soedirdjo had several problems in running the business. First, sales problem which tend to fall continuously starting from January 2020 to 2021, in January 2020 Djamoe Soedidjo's sales reached 4542 bottles, but continued to drop to 865 in December 2021. Djamoe Soedirdjo also has problems in the field of human resources , there is some blind spot job or double job. This is due to the lack of human resources employed, so that a lot of work is not done optimally. In addition, Djamoe Soedirdjo also have problems with the lack of optimal marketing strategy implemented by Djamoe Soedirdjo. This study uses the Strategy-Formulation Analytical Framework analysis, in which the stages start from the input stage, matching stage, and decision stage. The input stage will use the IFE Matrix to evaluate the company's internal factors and the EFE Matrix to evaluate the company's external factors. After that is the matching stage which uses SWOT matrix analysis, and IE matrix. Furthermore, the last stage is the decision stage, which aims to provide a priority sequence of strategies using the QSPM matrix. Based on research and identification, there are 36 factors consisting of 17 internal factors and 26 external factors. After identifying internal and external factors, an assessment is carried out using the IFE and EFE matrices. In the IFE matrix, an assessment is carried out based on the company's internal conditions, and the value obtained is 2.907. As for the EFE matrix, an assessment was carried out based on the company's external conditions, and the value obtained was 2.678. Then the matching stage is carried out using the IE matrix, the SWOT matrix, and 10 alternative strategies are obtained. Then after that identification and merging of strategies that have the same goals were carried out, and 6 alternative strategies were obtained which were then carried out by QSPM calculations to get priority strategies that could be implemented. In order to obtain alternative strategies that can be implemented by the company and its priorities. First, penetrate the market by maximizing all of Djamoe Soedirdjo's social media & e-commerce features with content following booming trends and with the help of influencers. Second, developing quality & innovating products. Third, penetrate the market by holding offline collaboration events with communities. Fourth, adding interns from SMKs in Malang. Fifth, evaluate the company's performance periodically regarding the company's internal & external conditions. Sixth, Create a consignment or reseller business program for Djamoe Soedirdjo products

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522070427
Uncontrolled Keywords: Manajemen Strategi, Strategi Bisnis, Matriks IFE dan EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, Matriks QSPM .- Strategic Management, Business Strategy, IFE and EFE Matrix, IE Matrix, SWOT Matrix, QSPM Matrix
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:01
Last Modified: 05 Jun 2023 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200770
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aqsha Rafsanjani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item