Musthafa, Mohammad Gema Al and Candra Adi Intyas,, S. Pi.,M. P. (2022) Strategi Pengembangan Usaha Ricebox Ikan Cakalang UMKM Mamam no Limit Kota Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ikan cakalang (Katsuwonus pelamis) merupakan salah satu species target dalam usaha perikanan tangkap di Indonesia. Ikan cakalang bisa dikonsumsi dengan dibakar,dikukus,dan digoreng,atau dalam bentuk olahan ikan pindang. Ikan pindang merupakan sebuah olahan makanan yang popular di Indonesia, dalam urutan hasil olahan tradisional, ikan pindang menempati posisi kedua dibawah ikan asin. Seiring berjalan nya waktu usaha kecil akan semakin banyak dan akan diiringi oleh sebuah persaingan, salah satunya adalah Ricebox Ikan Cakalang Mamam no Limit yang memerlukan sebuah strategi pegembangan usaha. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan Gambaran model bisnis pada usaha Ricebox Ikan Cakalang Mamam no Limit. 2) Menganalisis Kondisi Internal dan Eksternal Ricebox Ikan Cakalang Mamam no Limit. 3) Menganalisis posisi perusahaan Ricebox Ikan Cakalang Mamam no Limit. 4) Merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha Ricebox Ikan Cakalang Mamam no Limit. 5) Menyusun prioritas strategi pengembangan usaha Ricebox Ikan Cakalang Mamam no Limit Lokasi penelitian berada di Ricebox Ikan Cakalang Mamam no Limit Kecamatan kedungkandang Kota Malang Jawa timur. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, Jenis dan sumber data berupa data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuisioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu: 1) gambaran bisnis menggunakan buisines model canvas , 2) analisis internal dan eksternal menggunakan analisis bmc, analisisi internal dan eksternal, 3) Posisi perusahaan menggunakan Internal Factor Evaluation (IFE) , Eksternal Factor Evaluation (EFE) dan Internal Eksternal Matrix (IE Matriks), 4) alternatif strategi pengembangan menggunakan alternatif SWOT, 5) Penyusunan prioritas strategi pengembangan menggunakan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Model Bisnis UMKM ini terbagi atas segmen konsumen, produk dan biaya yang mana dalam proses ini didapatkan sejumlah kekuatan dan kelemahan dalam UMKM ini. Hasil penelitian dari BMC mendapatkan gambaran usaha dan beberapa kekuatan dan kelemahan perusaahaan, untuk analisis IFE mendapatkan skor 2, 813 dan EFE mendapatkan skor 2, 698 dan jika hasil skor IFE dan EFE dimaskan edalam IE Matriks akan diketahui posisi perusahaan berada pada kuadran V yang mana berada pada posisi hold and maintain. Dengan diketahuinya posisi perudahaan maka dapat membantu dalam pembuatan Matriks SWOT yang menghasilkan 5 rumusan strategi yakni 1S0, 2 ST, 1WO, 1WT. Dengan menggunakan analisis QSPM maka diketahui rumusan strategi prioritas yang dimiliki perusahaan yakni Sistem penjamin mutu produk(PIRT dan BPOM) dan sertifikasi ke halalan produk. Saran yang dihasilkan berguna untuk Pemerintahan dalam menjaga kestabilan harga, bagi peneliti diharapkan dapat membuat strategi pengembangan bisnis yang lain.
English Abstract
Skipjack tuna (Katsuwonus pelamis) is one of the target species in capture fisheries in Indonesia. Cakalang fish can be consumed by burning, steaming, and frying, or in the form of processed pindang fish. Pindang fish is a processed food that is popular in Indonesia, in the order of traditional processed products, pindang fish occupies the second position after salted fish. As time goes by, there will be more and more small businesses and will be accompanied by competition, one of which is the Cakalang Mamam No Limit Fish Ricebox which requires a business development strategy. The purposes of this study are 1) to describe the description of the business model in the Cakalang Mamam Ricebox business no Limit. 2) Analyzing the Internal and External Conditions of the Cakalang Mamam Ricebox no Limit. 3) Analyze the position of the Cakalang Mamam Fish Ricebox company no Limit. 4) Formulate alternative business development strategies for Cakalang Mamam Ricebox Fish no Limit. 5) Develop strategic priorities for business development Cakalang Mamam Ricebox Fish no Limit The research location is in the Cakalang Mamam Fish Ricebox no Limit, Kedungkandang District, Malang City, East Java. This type of research is descriptive research. The sampling technique is purposive sampling, the type and source of data are primary data and secondary data. Methods of data collection using observation, interviews, questionnaires. Data analysis methods used are: 1) business description using the business model canvas, 2) internal and external analysis using bmc analysis, internal and external analysis, 3) company position using Internal Factor Evaluation (IFE), External Factor Evaluation (EFE) and Internal External Matrix (IE Matrix), 4) alternative development strategies using SWOT alternatives, 5) Prioritization of development strategies using the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). The MSME Business Model is divided into consumer, product and cost segments, in which a number of strengths and weaknesses are found in this process. The results of the research from BMC get an overview of the business and some of the company's strengths and weaknesses, for analysis IFE gets a score of 2.813 and EFE gets a score of 2.698 and if the results of the IFE and EFE scores are included in the IE Matrix it will be known which company's position is in quadrant V which is in a hold and maintain position. By knowing the company's position, it can help in making a SWOT Matrix which produces 5 strategic formulations namely 1S0, 2ST, 1WO, 1WT. By using the QSPM analysis, it is known that the company's priority strategy formulation is a product quality assurance system (PIRT and BPOM) and product halal certification. The resulting suggestions are useful for the government in maintaining price stability, for researchers it is hoped that they can make other business development strategies.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522080438 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 30 May 2023 02:43 |
Last Modified: | 30 May 2023 02:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200643 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
MOHAMMAD GEMA AL MUSTHAFA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |