Putri, Raina Rosyada Abadi and Mochammad Rozikin,, Dr. Drs, MAP and Ali Maskur,, S.AP., M.AP., MA (2023) Analisis Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Dalam Mewujudkan Sasaran Reformasi Birokrasi di Kota Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Proses reformasi pada negara berkembang menjadi suatu keharusan dan perhatian utama, baik pemerintah pusat maupun daerah. Melalui reformasi birokrasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) dapat dilaksanakan dengan tujuan pembangunan aparatur negara guna meningkatkan profesionalisme aparatur negara dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), di pusat maupun daerah. Dalam pelaksanaan reformasi birokrasi tentu tak luput dari kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pelaksana untuk berusaha mewujudkan sasaran reformasi birokrasi. Sehigga peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui kinerja ASN khususnya di lingkup Kota Malang ditinjau dari indikator keberhasilan reformasi birokrasi, yaitu Indeks Persepsi Korupsi (IPK), Opini BPK, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), dan Pemerintah yang Akuntabel. Selain itu untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung kinerja ASN di Kota Malang dalam mewujudkan sasaran reformasi birokrasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer yang di dapatkan dari wawancara bbersama dengan informan dan data sekunder yang berasal dari dokumen-dokumen terkait dengan penelitian ini. Metode analisis yang digunakan yakni model analisis interaktif menurut Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja ASN di Kota Malang dalam mewujudkan sasaran reformasi birokrasi berdasarkan keempat indikator keberhasilannya belum sepenuhnya maksimal. Sebab pemahaman ASN terkait dengan reformasi birokrasi hanya sebatas pemenuhan dokumen semata. Terdapat pula proses perencanaan dan pelaksanaan yang tidak dijalankan dengan baik. Kemudian kurangnya komunikasi dan koordinasi antaranggota tim reformasi birokrasi, terdapat pula temuan yang diperoleh peneliti yakni belum ada pengesahan terkait tim reformasi birokrasi di Kota Malang hingga saat ini. Untuk ketiga faktor yang mempengaruhi kinerja menurut Hasibuan (2012) dalam hal ini menjadi faktor penghambat bagi ASN Kota Malang untuk mencapai kinerjanya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan hasil yang diperoleh peneliti serta temuan yang di dapat, maka Kota Malang terindikasi belum melaksanakan reformasi birokrasi ditingkat daerah. Sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut bagi peneliti selanjutnya untuk membuktikan hal tersebut.
English Abstract
The process of reform in developing countries is a necessity and a major concern, both central and regional governments. Through bureaucratic reform, the National Long-Term Development Plan (RPJPN) can be implemented with the aim of developing the state apparatus in order to increase the professionalism of the state apparatus and realize good governance, both at the central and regional levels. In the implementation of bureaucratic reform, of course, the performance of the State Civil Apparatus (ASN) as executor in trying to realize the goals of bureaucratic reform has not been spared. So the researchers conducted this research with the aim of knowing the performance of civil servants, especially in the scope of Malang City in terms of indicators of success of bureaucratic reform, namely the Corruption Perception Index (CPI), BPK Opinion, Community Satisfaction Index (IKM), and Accountable Government. In addition to knowing the inhibiting and supporting factors for ASN performance in Malang City in realizing the goals of bureaucratic reform. In this study, researchers used descriptive research with a qualitative approach. Sources of data used in this study are primary data obtained from interviews with informants and secondary data derived from documents related to this research. The analytical method used is an interactive analysis model according to Miles, Huberman, and Saldana (2014). The results of this study indicate that the performance of civil servants in Malang City in realizing the goals of bureaucratic reform based on the four indicators of success has not been fully maximized. Because the understanding of ASN related to bureaucratic reform is only limited to fulfilling documents. There are also planning and implementation processes that are not executed properly. Then the lack of communication and coordination between members of the bureaucratic reform team, there are also findings obtained by researchers, namely that there has been no validation related to the bureaucratic reform team in Malang City to date. For the three factors that affect performance according to Hasibuan (2012) in this case they are inhibiting factors for ASN City of Malang to achieve their performance. The conclusion of this study is that based on the results obtained by the researchers and the findings obtained, it is indicated that the City of Malang has not implemented bureaucratic reform at the regional level. So that further research is needed for future researchers to prove it.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523030018 |
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, ASN, Reformasi Birokrasi .- Performance, ASN, Bureaucratic Reform |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 30 May 2023 02:25 |
Last Modified: | 30 May 2023 02:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200628 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Raina Rosyada Abadi Putri.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |