Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform e-commerce (Studi Pada Jagjit Farm)

Setyobudi, Agung and Dr. Fitria Dina Riana and Anisa Aprilia (2021) Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Platform e-commerce (Studi Pada Jagjit Farm). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jagjit Farm merupakan usaha yang bergerak di bidang perawatan dan pemeliharaan tanaman. Jagjit Farm berdiri sejak November 2020 dan sampai sekarang masih beroperasi. Jagjit Farm mengalami keuntungan atau profit yang relatif stagnan atau stabil sekitar Rp. 3.000.000-5.000.000 / bulan. Jagjit Farm selalu melakukan inovasi dan strategi baru dalam usaha meningkatkan keuntungan dari segi atribut produk yaitu desain, kualitas dan harga produk. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan desain, kualitas produk dan harga yang diterapkan oleh Jagjit Farm, 2) menganalisis pengaruh variabel desain, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk Jagjit Farm. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juli 2021. Penentuan lokasi penelitian dilakukan di Jagjit Farm yang terletak pada Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode penentuan responden dengan teknik purposive sampling. Responden penelitian ini berjumlah 50 responden dan memiliki ciri-ciri 1) telah melakukan transaksi pembelian (minimal sekali) terhadap produk Jagjit Farm, 2) transaksi pembelian dilakukan maksimal pada Januari 2021, 3) telah mencoba menggunakan atau memakai produk dari Jagjit Farm. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner online. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 28. Hasil yang didapatkan adalah produk Vermicmpost Jagjit Farm memiliki nilai indeks rata-rata yang tinggi pada setiap variabelnya yaitu desain, kualitas, harga dan keputusan pembelian. Nilai indeks rata-rata yang didapatkan variabel desain adalah 88,225, kualitas produk adalah 82,85, harga adalah 84,68 dan keputusan pembelian 83,84. Sedangkan menurut analisis regresi linier berganda dengan program SPSS 28 didapatkan hasil bahwa variabel desain produk, kualitas produk dan harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian secara partial. Variabel desain produk, kualitas produk dan harga juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan atau bersama-sama sebesar 87.7%.

English Abstract

Jagjit Farm is a business engaged in the care and maintenance of plants. Jagjit Farm was established in November 2020 and is currently operating. Jagjit Farm experienced relatively stagnant or stable profits or profits of around Rp. 3,000,000-5,000,000/month. Jagjit Farm always innovates and new strategies in an effort to increase profits in terms of product attributes, namely product design, quality and price. The purposes of this study are 1) to describe, product quality and price applied by Jagjit Farm, 2) to analyze the effect of design variables, product quality and price on the purchasing decisions of Jagjit Farm products. This study uses a quantitative approach method. This research was conducted in May-July 2021. The location of the research was determined at Jagjit Farm which is located in Sidoarjo Regency. This research uses respondent method with purposive sampling technique. Respondents in this study found 50 respondents and had the characteristics of 1) having made a purchase transaction (at least once) for Jagjit Farm products, 2) purchasing transactions made a maximum of January 2021, 3) having tried using or using products from Jagjit Farm. The data collection method in this study used an online questionnaire. The data analysis technique of this research used descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis with SPSS 28 program. The results obtained are Vermicmpost Jagjit Farm products have a high average index value on each variable, namely design, quality, price and purchasing decisions. The average index value obtained by the design variable is 88.225, product quality is 82.85, price is 84.68 and purchase decision is 83.84. Meanwhile, according to multiple linear regression analysis with SPSS 28 program, the results show that product design, product quality and price variables have a significant influence on purchasing decisions partially. Product design variables, product quality and price also have a significant effect on purchasing decisions simultaneously or jointly by 87.7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521040316
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 May 2023 03:14
Last Modified: 07 Oct 2024 03:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200535
[thumbnail of AGUNG SETYOBUDI.pdf] Text
AGUNG SETYOBUDI.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item