Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Media Sosial Instagram @ditjenpajakri

Gayatri, Maharani Galuh Dwi and Rizki Yudhi Dewantara, S.Sos, MAP (2022) Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Media Sosial Instagram @ditjenpajakri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, hampir semua orang di dunia menggunakan teknologi. Hal ini tentu saja memberikan dampak pada berbagai macam instansi salah satunya adalah Direktorat Jenderal Pajak. Upaya yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak adalah dengan melakukan transformasi digital. Media sosial merupakan salah satu cara yang dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan dan media untuk berkomunikasi dengan wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna menggunakan media sosial, (2) pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna menggunakan media sosial, dan (3) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna menggunakan media sosial. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah pengguna instagram yang mengakses instagram @ditjenpajakri untuk mendapatkan informasi seputar perpajakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pengguna menggunakan media sosial, kualitas informasi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pengguna menggunakan media sosial, kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kepuasan pengguna menggunakan media sosial. Hasil pengujian analisis linear berganda juga menunjukkan adanya pengaruh positif pada variabel kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna, kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna. Hasil pengujian determinasi (R2) menunjukkan bahwa angka 64%, sedangkan 34% sisanya tidak terdapat pada pengujian ini.

English Abstract

The development of technology nowadays rapidly fast, almost all people in the world used technology, and it is no exception when it comes to government, some other significant impacts of digital transform directly to the Direktorat Jenderal Pajak. The efforts made by the Direktorat Jenderal Pajak are to carry out digital transformation. Social media is one of they’re way to provide services and media to communicate with taxpayers. This study aims to determineThis study aims to determine: (1) the effect of system quality on user satisfaction using social media, (2) the effect of information quality on user satisfaction using social media, and (3) the effect of service quality on user satisfaction using social media. This type of research is explanatory research with a quantitative approach. Respondents in this study were instagram account users who accessed instagram @ditjenpajakri to get information about taxation. The data analysis technique used is descriptive technique. The test results in this study indicate that system quality has a partial and simultaneous effect on user satisfaction using social media, information quality has a partial and simultaneous effect on user satisfaction using social media, service quality has a partial and simultaneous effect on user satisfaction using social media. The results of multiple linear analysis tests also show a positive influence on system quality variables on user satisfaction, information quality on user satisfaction and service quality on user satisfaction. The results of the determination test (R2) show that the number is 64%, while the remaining 34% is not found in this test.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030241
Uncontrolled Keywords: Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Media Sosial, Kepuasan Pengguna, Sosialisasi Perpajakan .- System Quality, Information Quality, Service Quality, User Satisfaction, Social Media, Socialization of Taxation
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 May 2023 02:08
Last Modified: 29 May 2023 02:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200495
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MAHARANI GALUH DWI GAYATRI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item