Anindita, Maharani and Dr. Choirul Saleh,, M.Si and Drs. Romula Adiono,, M.AP (2022) Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Imigrasi Dalam Pelayanan Penerbitan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kinerja adalah suatu hasil kerja yang harus dicapai oleh setiap individu maupun kelompok dalam suatu organisasi sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab yang sudah ditetapkan sebelumnya berdasarkan tujuan dan standar organisasi. Kinerja pegawai sangat berpenggaruh pada kualitas pelayanan publik. Apabila kinerja pegawai baik maka kualitas pelayanan publik akan baik pula, sehingga masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang diterima. Pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dituntut untuk mengetahui kinerja pegawai dalam melakukan pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pegawai kantor imigrasi dalam pelayanan penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Depok. Penelitian ini menggunakan teori penilaian kinerja menurut John Miner (1988) dalam Sudarmanto (2009:11-12), mengemukakan 4 dimensi yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam menilai kinerja, adalah: (1) kualitas; tingkat kesalahan, kerusakan, kecermatan, (2) kuantitas; jumlah pekerjaan yang dihasilkan, (3) kerjasama denggan orang lain dalam bekerja, dan (4) penggunaan waktu dalam bekerja; tingkat ketidakhadiran, keterlambatan, waktu kerja efektif atau jam kerja hilang. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat monovariat. Sample pada penelitian ini berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara menyebar kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai Kantor Imigrasi dalam Pelayanan Penerbitan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas II dapat dikatakan memuaskan sejalan dengan kepuasan masyarakat pemohon penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok atas 4 indikator yang dijadikan sebagai tolak ukur dalam penilaian kinerja yang terdiri dari kualitas, kuantitas, kerjasama, dan penggunaan waktu dalam bekerja. Hal tersebut terjadi dikarenakan para pegawai memiliki kinerja yang baik sehingga masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.
English Abstract
Kinerja adalah suatu hasil kerja yang harus dicapai oleh setiap individu maupun kelompok dalam suatu organisasi sesuai dengan wewenang dan tanggung jawab yang sudah ditetapkan sebelumnya berdasarkan tujuan dan standar organisasi. Kinerja pegawai sangat berpenggaruh pada kualitas pelayanan publik. Apabila kinerja pegawai baik maka kualitas pelayanan publik akan baik pula, sehingga masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang diterima. Pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dituntut untuk mengetahui kinerja pegawai dalam melakukan pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pegawai kantor imigrasi dalam pelayanan penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Depok. Penelitian ini menggunakan teori penilaian kinerja menurut John Miner (1988) dalam Sudarmanto (2009:11-12), mengemukakan 4 dimensi yang dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam menilai kinerja, adalah: (1) kualitas; tingkat kesalahan, kerusakan, kecermatan, (2) kuantitas; jumlah pekerjaan yang dihasilkan, (3) kerjasama denggan orang lain dalam bekerja, dan (4) penggunaan waktu dalam bekerja; tingkat ketidakhadiran, keterlambatan, waktu kerja efektif atau jam kerja hilang. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat monovariat. Sample pada penelitian ini berjumlah 100 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara menyebar kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai Kantor Imigrasi dalam Pelayanan Penerbitan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas II dapat dikatakan memuaskan sejalan dengan kepuasan masyarakat pemohon penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Kelas II Kota Depok atas 4 indikator yang dijadikan sebagai tolak ukur dalam penilaian kinerja yang terdiri dari kualitas, kuantitas, kerjasama, dan penggunaan waktu dalam bekerja. Hal tersebut terjadi dikarenakan para pegawai memiliki kinerja yang baik sehingga masyarakat merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522030240 |
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, Pelayanan, Kepuasan Masyarakat .- Performance, Service, Public Satisfaction |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 May 2023 02:02 |
Last Modified: | 29 May 2023 02:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200492 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
MAHARANI ANINDITA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |