Rohman, Fatqur and Candra Adi Intyas,, S.Pi., M.P. and Mochammad Fattah,, S.Pi., M.Si. (2022) Strategi Pengembangan Usaha Ekspor Karang Hias di PT Segoro Utomo Abadi Kabupaten Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Letak Indonesia yang berada pada wilayah segitiga terumbu karang yang dikenal juga The Amazon of the Ocean, memberikan Indonesia kekayaan spesies karang dengan 569jenis karang di antaranya 55 spesies karang hias yang berharga. Potensi tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara pengekspor karang hias terbesar kedua setelah negara Jepang. Kegiatan transplantasi karang adalah salah satu cara yang digunakan untuk menjaga ekosistem terumbu karang yang ada di alam. Kegiatan transplantasi terumbu karang selain digunakan untuk kepentingan konservasi, kegiatan tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan keuntungan atau profit. PT Segoro Utomo Abadi yang terletak di Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, bergerak di bidang budidaya karang hias serta melaksanakan kegiatannya di bawah peraturan dari pemerintah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan model bisnis PT Segoro Utomo Abadi dalam Business Model Canvas (BMC), mengidentifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan, serta merumuskan alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha ekspor karang hias PT Segoro Utomo Abadi, Kabupaten Banyuwangi Penelitian ini dilaksanakan pada 1 September hingga 30 November 2022 di PT Segoro Utomo Abadi yang berlokasi di Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Jenis data yang digunakan berupa kualitatif yakni terkait kuesioner dan gambaran model bisnis canvas PT Segoro Utomo Abad, sedangkan data kualitatif, yakni mengenai bobot & rating, penentuan diagram SWOT serta analisis finansial perusahaan. Sumber data yang digunakan merupakan data primer yakni mengenai profil, kondisi internal eksternal dan faktor strategi internal dan eksternal perusahaan serta data sekunder yakni kondisi finansial perusahaan dan kondisi umum lokasi penelitian. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: 1) gambaran profil usaha menggunakan BMC, 2) analisis kondisi lingkungan internal eksternal menggunakan matriks IFE & EFE, 3) analisis posisi perusahaan menggunakan matriks Internal-Eksternal (IE), 4) analisis alternatif strategi menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis faktor strategis internal yang merupakan hasil identifikasi dari Business Model Canvas (BMC) serta analisis faktor strategis eksternal, diperoleh faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang kemudian dianalisis menggunakan matriks IFE & EFE, didapatkan nilai masing-masing sebesar 3.112 & 3.052. Hasil matriks Internal-Eksternal (IE) diperoleh posisi perusahaan berada pada sel 1 yakni strategi growth dan diagram SWOT pada kuadran 1 yang mendukung strategi agresif (Growth strategy). Kemudian hasil tersebut dianalisis menggunakan matriks SWOT sehingga diperoleh alternatif strategi pengembangan menggunakan kekuatan internal perusahaan dengan memanfaatkan peluang yang perusahaan miliki (Strength-Opportunity). Strategi yang terbentuk antara lain meningkatkan volume penjualan dengan menjaga kualitas produk, optimalisasi kapasitas produksi serta memperluas jaringan kemitraan untuk meningkatkan produksi. Diharapkan usaha ekspor karang hias yang dijalankan oleh PT Segoro Utomo Abadi, perusahaan dapat memilih dan mengidentifikasi promosi yang sesuai di pasar potensial yang menguntungkan bisnis dan menggunakan sumber daya secara optimal dan efisien dalam produksi selama musim dan waktu tertentu.
English Abstract
The location of Indonesia, which is located in the triangular area of coral reefs also known as The Amazon of the Ocean, gives Indonesia a rich coral species with 569 types of corals including 55 valuable ornamental coral species. This potential makes Indonesia the second largest exporting country of ornamental corals after Japan. Coral transplantation activities are one of the ways used to maintain coral reef ecosystems that exist in nature. In addition to being used for conservation purposes, coral reef transplantation activities can also be used to generate profits or profits. PT Segoro Utomo Abadi, located in Kalipuro District, Banyuwangi, is engaged in ornamental coral cultivation and carries out its activities under the regulations of the Indonesian government. This study aims to describe the business model of PT Segoro Utomo Abadi in the Business Model Canvas (BMC), identify the company's internal and external environmental factors, and formulate alternative strategies that can be applied in developing the ornamental coral export business of PT Segoro Utomo Abadi, Banyuwangi Regency This research was conducted from September 1 to November 30, 2022 at PT Segoro Utomo Abadi, located in Banyuwangi Regency. This type of research is a descriptive study with a purposive sampling method. The type of data used is qualitative, namely related to questionnaires and an overview of PT Segoro Utomo Abad's canvas business model, while qualitative data, namely about weights & ratings, determining SWOT charts and company financial analysis. The data sources used are primary data, namely regarding the profile, external internal conditions and internal and external strategic factors of the company as well as secondary data, namely the financial condition of the company and the general condition of the research location. Data collection techniques used are interviews, observations and documentation. The data analysis methods used in this study include: 1) business profile overview using BMC, 2) analysis of external internal environmental conditions using IFE & EFE matrix, 3) analysis of company position using Internal-External (IE) matrix, 4) analysis of alternative strategies using SWOT analysis. The results of the internal strategic factor analysis which is the result of identification from the Business Model Canvas (BMC) as well as the analysis of external strategic factors, obtained strength, weakness, opportunity and threat factors which were then analyzed using the IFE & EFE matrix, obtained values of 3,112 & 3,052, respectively. The results of the Internal-External (IE) matrix obtained the company's position in cell 1, namely the growth strategy and the SWOT diagram in quadrant 1 which supports the aggressive strategy (Growth strategy). Then the results are analyzed using a SWOT matrix so that an alternative development strategy is obtained using the company's internal strengths by utilizing the opportunities that the company has (Strength-Opportunity). The strategies formed include increasing sales volume by maintaining product quality, optimizing production capacity and expanding partnership networks to increase production. It is expected that the ornamental coral export business run by PT Segoro Utomo Abadi, the company can select and identify suitable promotions in potential markets that benefit the business and use resources optimally and efficiently in production during certain seasons and times.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522080394 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping > 338.372 7 Products of fishing, whaling, hunting, trapping (Fishing) |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 29 May 2023 01:41 |
Last Modified: | 29 May 2023 01:41 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200486 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
FATQUR ROHMAN.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |