Ribeiro, Juviano Noe and Firda Hidayati,, S.Sos, MPA, DPA and Dr. Niken Lastiti V.A.,, SAP, MAP (2023) Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Dan Citra Institusi Pendidikan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Magister Administrasi Publik Universitas Brawijaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan citra institusi terhadap loyalitas mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa (Studi Pada Magister Administrasi Publik Universitas Brawijaya). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik survey. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa program magister administrasi publik tahun 2018-2020. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 136 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling dan Partial Least Square (SEM-PLS) dengan alat analisis menggunakan Smart-PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, citra konstitusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, citra institusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa, kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa, kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas mahasiswa dan citra institusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa.
English Abstract
This study aims to determine the effect of service quality and institutional image on student loyalty through student satisfaction (Study at Master of Public Administration, Universitas Brawijaya). This research is quantitative research with survey techniques. The sample in the study were students of the 2018-2020 master of public administration program. The sample collection technique used was purposive sampling with a total sample size of 136 samples. The data analysis technique used is Structural Equation Modeling and Partial Least Square (SEM-PLS) with the analysis tool using Smart-PLS 3.0. The results of this study indicate that service quality has an insignificant effect on student satisfaction, constitutional image has a positive and significant effect on student satisfaction, service quality has a positive and significant effect on student satisfaction, institutional image has a positive and significant effect on student loyalty, satisfaction has a positive and significant effect on student loyalty, service quality has no effect on student loyalty and institutional image has a positive and significant effect on student loyalty.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 0423030008 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, Citra Institusi, Loyalitas Mahasiswa, Kepuasan Mahasiswa. .- Service Quality, Institutional Image, Student Loyalty, Student Satisfaction. |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 26 May 2023 06:42 |
Last Modified: | 26 May 2023 06:42 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200463 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
JUVIANO NOE RIBEIRO.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |