Perumusan strategi bersaing dengan menggunakan analisis SWOT pada Palu Golden Hotel di Palu.

Mitchell, Jeremy and Dr. Drs. Raden Rustam Hidayat,, M.Si. and Sukmawati Nur Salamah,, S.S., M.Sc (2022) Perumusan strategi bersaing dengan menggunakan analisis SWOT pada Palu Golden Hotel di Palu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pesatnya pertumbuhan bisnis perhotelan mengakibatkan tingkat persaingan hotel sangat tinggi, sehingga perusahaan perhotelan semakin banyak memperkuat strateginya dalam bersaing agar tetap unggul dan dapat bersaing dengan hotel- hotel lainnya. Melihat kondisi ini tentunya menjadi sebuah ancaman bagi Palu Golden Hotel dan para competitor yang semakin hari makin banyak tumbuh persaingan dalam bisnis perhotelan. Palu Golden Hotel yang berada pada daerah pariwisata dan pusat kota harus lebih meningkatkan kekuatan dalam daya saingnya dan menerapkan dana tau mempersiapkan strategi pemasaran yang lebih unggul dari para pesaingnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal Palu Golden Hotel, menganalisis tingkat persaingan dan strategi pemasaran yang bias diterapkan dalam meningkatkan daya saing Palu Golden Hotel dengan hotel yang ada di Palu. Penelitian ini dilakukan di Palu Golden Hotel di Kota Palu Sulawesi Tengah. Sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah judgement sampling. Metode yang digunakan ialah analsisi SWOT (strengths, weaknesses, opportunities and threats) dengan memperhatikan IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (Eksternal Factor Evaluation) dan IE (Matriks Internal-Eksternal). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada matriks IFE adalah 3,336 dan EFE adalah 3,322 sehingga jika dipetakan pada matriks IE menunjukkan bahwa Palu Golden Hotel berada pada kuadran I (Grow and Build) dengan saran menggunakan strategi intensif yaitu penetrasi pasar, pengembangan produk, dan pengembangan pasar. Startegi penetrasi pasar menjadi startegi prioritas dalam peningkatan daya saing pada Palu Golden Hotel. Maka dari itu strategi yang dapat dilakukan oleh Palu Golden Hotel dalam meningkatkan promosi tertuang dalam matriks SWOT yaitu strategi SO, WO dan ST yaitu Palu Golden Hotel harus dapat mengembangkan dan meningkatkan promosi yang gencar juga lebih menarik, baik secara online seperti pemasaran di media social whatsapp, Instagram, Facebook ataupun melalui selegram serta melakukan pemasaran secara offline seperti memasang baliho di tempat strategis dan atau menyebarkan brosur sebagai alat promosi.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030233
Uncontrolled Keywords: Analsisi SWOT, Strategi Bersaing, Daya Saing
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 May 2023 06:30
Last Modified: 26 May 2023 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200455
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
JEREMY MITCHELL.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item