Analisis Strategi Pemasaran pada Objek Wisata Alam di Kabupaten Pasuruan (Studi pada Kebun Raya Purwodadi)

Amellia, Indah Rochmawati and Supriono,, S.Sos., M.AB (2023) Analisis Strategi Pemasaran pada Objek Wisata Alam di Kabupaten Pasuruan (Studi pada Kebun Raya Purwodadi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Suatu objek wisata akan berkembang apabila strategi yang diterapkan berhasil menarik wisatawan. Hal ini dirasakan oleh Kebun Raya Purwodadi karena mengalami peningkatan jumlah kunjungan wisatawan hampir setiap tahunnya. Oleh karena itu, melalui penelitian dengan metode desktirptif dan pendekatan kualitatif ini peneliti ingin mengkaji rumusan masalah berikut: (1) Bagaimana perkembangan Kebun Raya Purwodadi? (2) Faktor apa yang memengaruhi peningkatan dan penurunan jumlah kunjungan wisatawan di Kebun Raya Purwodadi? (3) Bagaimana penerapan strategi pemasaran Kebun Raya Purwodadi dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan? (4) Apa kendala yang dihadapi Kebun Raya Purwodadi dalam menjalankan strategi pemasaran? Sumber data primer diperoleh melalui informan sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumen-dokumen. Analisis data menggunakan empat tahapan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kebun Raya Purwodadi mengalami perkembangan yang cukup baik sebagai objek wisata alam di Kabupaten Pasuruan; (2) Faktor utama penyebab menurunnya jumlah kunjungan wisatawan adalah karena adanya pandemi covid-19, sedangkan faktor meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan dikarenakan pihak Kebun Raya Purwodadi berhasil menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang telah ditetapkan; (3) Berbagai stretegi pemasaran yang diterapkan berhasil meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan salah satunya melakukan promosi melalui instagram yang dapat menarik lebih banyak wisatawan; (4) Terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam menerapkan strategi pemasaran yakni salah satunya pemasaran yang diterapkan belum tersampaikannya secara maksimal kepada pengunjung yang ada di Kebun Raya Purwodadi sehingga untuk mengatasi hal tersebut pihaknya akan memberikan arahan kepada timnya agar komunikasi pemasaran tersebut dapat tersampaikan dengan baik.

English Abstract

A tourist attraction will develop if the strategy implemented succeeds in attracting tourists. This is felt by the Purwodadi Botanical Garden because it experiences an increase in the number of Tourist visits almost every year. Therefore, through research with descriptive methods and qualitative approaches, researchers want to examine the following problem formulations: (1) How is the development of Purwodadi Botanical Garden? (2) What factors influence the increase and decrease in the number of tourist visits in the Purwodadi Botanical Garden? (3) How to implement the communication strategy of Purwodadi Botanical Garden in increasing the number of tourist visits? (4) What are the obstacles faced by Purwodadi Botanical Garden in carrying out marketing strategies? Primary data sources are obtained through informants while secondary data are obtained through documents. Data analysis uses four stages, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study show that: (1) Purwodadi Botanical Garden is experiencing a fairly good development as a natural tourist attraction in Pasuruan Regency; (2) The main factor causing the decline in the number of tourist visits is due to the Covid-19 pandemic, while the factor of increasing the number of tourist visits is due to the Purwodadi Botanical Garden successfully implementing the established marketing strategy; (3) Various marketing strategies implemented have succeeded in increasing the number of tourist visits, one of which is promoting through Instagram which can attract more tourists; (4) There are several obstacles faced in implementing a marketing communication strategy, one of which is that marketing that has not been fully delivered to visitors in the Purwodadi Botanical Garden so that to overcome this, his party will provide direction to his team so that the marketing communication can be delivered properly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030012
Uncontrolled Keywords: Jumlah Kunjungan Wisatawan, Pemasaran .- Marketing, Number of Traveller Visits
Subjects: 900 History, geography and auxiliary disciplines > 910 Geography and travel
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Pariwisata
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 May 2023 02:59
Last Modified: 26 May 2023 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200429
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Indah Rochmawati Amellia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item