Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Menggunakan Instrumen Webqual 4.0 (Studi Pada Penggunaan Website Sistem Informasi Fakultas Ilmu Administrasi (Sifia) Oleh Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya)

Widyadhana, Hanna Salsabilla and Dr. Lely Indah Mindarti,, MSi. and Taufiq Akbar Al Faj’ri, SS., M.Pd (2022) Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Menggunakan Instrumen Webqual 4.0 (Studi Pada Penggunaan Website Sistem Informasi Fakultas Ilmu Administrasi (Sifia) Oleh Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh inovasi pelayanan akademik yang berbasis website pada Sistem Informasi Fakultas Ilmu Administrasi ‘SIFIA’ untuk mengetahui apakah inovasi ini menciptakan manfaat dan dapat diterima oleh para pengguna. Olehsebab itu perlu dilakukan suatu penilaian untuk mengukur kualitas website SIFIA tersebut agar dapat dijadikan feedback terhadap pihak penyedia dan peningkatan kualitas secara berkesinambungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh Kegunaan (X1), Kualitas Informasi (X2), dan Kualitas Interaksi Pelayanan (X3) secara parsial dan simultan terhadap Kepuasan Pengguna (Y) dalam menggunakan website SIFIA. Metode yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Kuesioner digunakan sebagai alat dalam pengumpulan data yang disebarkan kepada 352 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kegunaan (X1) dengan thitung 3.932, variabel kualitas informasi (X2) dengan thitung 4.564, dan variabel kualitas interaksi pelayanan (X3) dengan thitung 7.037 > dari ttabel 1.966 yang berarti bahwa ketiga variabel tersebut secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna (Y). Sementara secara simultan, ketiga variabel menghasilkan Fhitung 112.212 > dari Ftabel 2.63 yang berarti kualitas website SIFIA berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Kesimpulan penelitian ini adalah kualitas website SIFIA terhadap kepuasan pengguna berpengaruh sebesar 49,2%, sedangkan 50,8% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini. Variabel Kegunaan (X1), Kualitas Informasi (X2), dan Kualitas Interaksi Pelayanan (X3) baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel KepuasanPengguna (Y) dengan variabel Kualitas Interaksi Pelayanan (X3) yang paling dominan.

English Abstract

This research is motivated by the website-based academic service innovation on the Information System of the Faculty of Administrative Sciences 'SIFIA' to find out whether this innovation creates benefits and can be accepted by users. Therefore it is necessary to carry out an assessment to measure the quality of the SIFIA website so that it can be used as feedback for providers and continuous quality improvement. The purpose of this study is to describe the effect of Usability (X1), Information. Quality (X2), Service Interaction Quality (X3) partially and simultaneously on User Satisfaction (Y) in using the SIFIA website. The method used is a survey research method with a quantitative approach. The questionnaire was used as a tool in data collection which was distributed to 352 respondents. Data analysis in this study used quantitative descriptive data analysis, classical assumption test, and multiple linear regression analysis. The results showed that the usability variable (X1) with tcount 3,932, the information quality variable (X2) with tcount 4,564, and the service interaction quality variable (X3) with tcount 7,037 > from ttable 1,966 which means that these three variables partially have a significant effect on satisfaction user (Y). While simultaneously, the three variables produce Fcount 112.212 > from Ftable 2.63 which means the quality of the SIFIA website has a significant effect on user satisfaction. The conclusion of this study is that the quality of the SIFIA website has an effect on user satisfaction of 49.2%, while the remaining 50.8% is influenced by other variables not explained in this study. Variables of Usability (X1), Information Quality (X2), and Quality of Service Interaction (X3) either partially or simultaneously have a significant effect on User Satisfaction variable (Y) with the variable Quality of Service Interaction (X3) being the most dominant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030222
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, kualitas website, SIFIA, webqual 4.0, kepuasan pengguna. .- Service, website quality, SIFIA, webqual 4.0, user satisfaction.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 May 2023 02:17
Last Modified: 26 May 2023 02:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200393
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hanna Salsabilla.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item