Dharmawan, Anhar Ridwan and Tiwi Nurjannati Utami,, S.Pi., M.M. (2022) Model Bisnis dan Strategi Pengembangan Usaha Pengolahan Ikan Asap Di UD. Cahaya Timur, Kelurahan Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat Dengan Pendekatan Business Model Canvas dan Analisis SWOT. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Semakin ketatnya persaingan produk olahan ikan serta semakin banyaknya pesaing yang menjalankan usaha sejenis, maka sebuah usaha perlu bersaing agar dapat bertahan dengan menyusun strategi yang dapat diterapkan. Ikan asap merupakan salah satu hasil pengawetan ikan yang pengerjaannya merupakan gabungan dari penggaraman dan pengasapan sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang khas. Proses pengawetan dengan metode pengasapan bertujuan mengurangi kadar air dalam tubuh ikan sehingga tidak memberikan kesempatan bagi bakteri untuk tumbuh dan berkembang biak. UD. Cahaya Timur merupakan salah satu usaha kecil mikro yang bergerak di bidang pengolahan perikanan yang terletak di Kelurahan Setia Asih Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi. UD. Cahaya Timur berdiri sejak tahun 2017 dan fokus pada produksi ikan asap. Lokasi usaha yang strategis memungkinkan perkembangan yang cukup pesat. Hingga saat ini, UD. Cahaya Timur sudah berhasil menjalankan dan mempertahankan kinerja bisnisnya. Dalam hal ini UD. Cahaya Timur sebaiknya memiliki model bisnis yang dapat bertahan, bersaing, serta memenangkan bisnis di pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Business Model Canvas yang dijalankan UD. Cahaya Timur dan untuk menganalisis strategi pengembangan usaha UD. Cahaya Timur. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan sumber data sekunder. Pada penelitian ini, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Business Model Canvas, Identifikasi SWOT dalam Business Model Canvas, External Strategic Factors Analysis Summary (EFAS), Internal Strategic Factors Analysis Summary (IFAS), diagram analisis SWOT, dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil penelitian di UD. Cahaya Timur, kesimpulan yang telah didapatkan pada Business Model Canvas: Customer Segments yaitu pasar terbuka di mana pelanggan yang dituju sudah spesifik. Value Propositions yang ditawarkan yaitu penyesuaian produk dengan kebutuhan pelanggan, harga yang terjangkau, kemudahan akses, dan mudah untuk diolah. Channels yang dilalui beberapa fase yakni saluran langsung, evaluasi, pembelian, penyampaian, serta purnajual. Customer Relationships yakni bantuan personal dan kokreasi. Revenue Streams yang berasal dari penjualan 2 jenis ikan yaitu ikan cakalang dan ikan baby tuna dengan produk unggulan ikan cakalang asap. Key Resources yang dimiliki yakni sumber daya fisik, manusia, serta finansial. Key Activities yang dilakukan yakni dari tahap praproduksi, produksi, hingga pascaproduksi. Key Partnerships yaitu pemasok dan non-pesaing. Serta Cost Structure yang terdiri dari pengeluaran biaya variabel dan biaya tetap. Berdasarkan hasil analisis SWOT pada UD. Cahaya Timur, diperoleh strategi berupa strategi agresif yaitu strategi SO (Strength-Opportunities) yang menjadikan pengembangan usaha berfokus untuk memaksimalkan kekuatan dengan memanfaatkan peluang. Rincian strategi SO yang dapat dilakukan UD. Cahaya Timur adalah memperluas hubungan kemitraan dengan reseller untuk meningkatkan penjualan dengan konsumen dan peningkatan pemasaran produk. UD. Cahaya Timur dapat memaksimalkan kekuatan dengan memperluas hubungan kemitraan dengan reseller untuk meningkatkan penjualan. Sedangkan untuk pemanfaatan peluang, dapat mengoptimalkan pemasaran produk dengan berkolaborasi Bersama pemerintah. Berdasarkan hasil penelitian di UD. Cahaya Timur saran yang telah didapatkan, yaitu untuk Pemilik UKM, sebaiknya pemilik UKM menerapkan strategi dengan menggunakan informasi yang telah diperoleh dari setiap segmen Business Model Canvas. Untuk Pemerintah, Sebaiknya pemerintah mau bekerja sama dalam mengembangkan usaha dengan cara mempromosikan produk UKM di acara-acara seperti pameran serta pelatihan kewirausahaan bagi pemilik UKM. Dan untuk Lembaga Akademisi (Mahasiswa dan Perguruan Tinggi), dapat dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai strategi pengembangan usaha menggunakan Business Model Canvas yang kemudian dianalisis dengan analisis SWOT.
English Abstract
The more intense the competition for processed fish products and the increasing number of competitors running similar businesses, a business needs to compete in order to survive by developing strategies that can be implemented. UD. Cahaya Timur is one of the small businesses engaged in fishery processing which is located in Setia Asih, Tarumajaya District, Bekasi Regency. Smoked fish is one of the results of the fish preservation process that involves the combination of salting and smoking process to produce a distinctive aroma and taste. The preservation process by smoking method aims to reduce the water content in the fish's body so that it does not provide an opportunity for bacteria to grow and multiply. UD. Cahaya Timur was established in 2017 and focuses on smoked fish production. The strategic location of the business makes possibility of quite rapid development. Until now, UD. Cahaya Timur has been successful in running and maintaining its business performance. In this case UD. Cahaya Timur should have a business model that can survive, compete and win business in the market. The purpose of this research is to analyze the Business Model Canvas run by UD. Cahaya Timur and to analyze their business development strategy. This study using a descriptive research method with a qualitative approach. The types of data used in this study are primary data and secondary data sources. In this study, data collection techniques were carried out by means of observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques used in this research are Business Model Canvas analysis, SWOT identification in Business Model Canvas, External Strategic Factors Analysis Summary (EFAS), Internal Strategic Factors Analysis Summary (IFAS), SWOT analysis diagrams, and SWOT matrices. Based on the results of the research at UD. Cahaya Timur, the conclusions that have been obtained from the Business Model Canvas are: Customer Segments is namely open markets where the targeted customers are specific. The Value Propositions offered are product adjustments to customer needs, affordable prices, easy access, and easy to process. Channels that are passed through several phases, namely direct channels, evaluation, purchasing, delivery, and after-sales. In Customer Relationships, that is personal assistance and co-creation. The revenue streams were derived from the sale of 2 types of fish, Skipjack Tuna and Baby Tuna with the main product that is smoked Skipjack Tuna. The Key Resources owned are physical, human, and financial resources. The Key Activities carried out are from the pre-production, production, to post-production stages. Key Partnerships are the suppliers and non-competitors. As well as the Cost Structure which consists of variable costs and fixed costs. Based on the results of SWOT analysis on UD. Cahaya Timur, obtained a strategy in the form of an aggressive strategy that is SO (Strength-Opportunities) strategy that makes business development focuses on maximising strength by taking advantage of opportunities. Details of the SO strategy that can be performed by UD. Cahaya Timur is expanding its partnership relationship with resellers to increase sales with consumers and increase product marketing. UD. Cahaya Timur can maximise strength by expanding partnership relationships with resellers to increase sales. As for the utilisation of opportunities, it can optimize product marketing by collaborating with the government. Based on the results of research in UD. Cahaya Timur, the advice that obtained is for SME owners should implement strategies using information that has been obtained from each segment of the Business Model Canvas. For the government, the government should be willing to cooperate in developing businesses by promoting SME products at events such as exhibitions and entrepreneurship training. For academic institutions (students and universities), further research can be carried out on business development strategies using the Business Model Canvas which is then analysed by SWOT analysis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522080362 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 25 May 2023 06:58 |
Last Modified: | 25 May 2023 06:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200351 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anhar Ridwan Dharmawan.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |