Saputri, Anggun Melly and Dr. Ir. Agus Tjahjono,, MS (2022) Strategi Pengembangan Usaha Rumah Makan Ikan Bakar Cak Darman Di Kawasan Wisata Pantai Prigi Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memilki wilayah laut lebih luas dari pada luas daratan. Memiliki total luas laut sebesar 3,1 juta km2 atau 62 persen, memiliki garis pantai terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 81.000 km. Selain memiliki luas lautan yang memukau terdapat juga penghuni laut yang beraneka ragam, mulai dari ikan hias hingga ikan konsumsi, ikan dengan ukuran kecil hingga ikan dengan ukuran yang besar. Dikarenakan letak dari Rumah Makan Ikan Bakar Cak Darman berada di pesisir teluk Prigi yang masyarakatnya mayoritas sebagai nelayan setempat sehingga tidak terlalu sulit untuk mendapatkano bahan baku yang masih segar. seperti yang di ketahui jika ikan merupakan salah satu bahan makanan yang akan cepat membusuk jika tidak di lakukan penyimpanan dan pengolahan secara baik. Pada usaha Rumah Makan Ikan Bakar Cak Darman yang bertempat di kawasan wisata pantai prigi dengan suara khas deburan ombak dan juga pasir pantai. Selain itu tujuan dengan adanya analisis ini agar dapat di ketahui profil usaha dari rumah makan tersebut, mengetahui analisis usaha dari segi finansial dan non finansial, serta mengetahui strategi pengembangan dari usaha tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil usaha dari Rumah Makan Ikan Bakar Cak Darman, kemudian mengetahui kondisi usaha dari segi aspek finansial dan non finansial yang ada di Rumah Makan Ikan Bakar Cak Darman, selanjutnya mengetahui strategi pengembangan usaha yang ada di Rumah Makan Ikan Bakar Cak Darman dengan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan jenis metode analisis kuantitatif, jenis data dalam penelitian ini yaitu berasal dari data primer dan data sekunder yang bersumber pada penelitian terdahulu, jurnal ilmiah, data kependudukan dari desa setempat, dan juga dari informasi yang diberikan oleh pelaku usaha. Untuk metode pengumpulan data dengan observasi ke lokasi penelitian, wawancara kepada pelaku usaha, dan juga dokumentasi sebagai bukti keadaan lokasi yang sebenarnya, selanjutnya dilakukan perencanaan usaha menggunakan analisis SWOT dan menganalisis strategi pengembangan usaha yang akan di terapkan. Terdapat aspek finansial yang di dapatkan dari analisis rumah makan tersebut mendapatkan nilai modal tetap sebesar Rp. 60.889.000, modal lancar sebesar Rp. 113.330.000, dan modal kerja sebesar Rp. 186.707.800. Selain modal terdapat pembiayaan sebesar Rp. 186.707.800, nilai penerimaan sebesar Rp. 336.000.000, R/C ratio sebesar 1,79, nilai BEP unit sebesar 2214,51 unit / tahun, BEP sales sebesar Rp. 110.724.124, nilai keuntungan sebesar Rp. 149.292.200 dan nilai rentabilitas sebesar 79,97%. Nilai tersebut merupakan finansial jangka pendek yang di peroleh di RM. Ikan Bakar Cak Darman. Tidak hanya itu, terdapat juga finansial jangka panjang yang meliputi nilai NPV sebesar Rp. 486.638.456, nilai IRR sebesar 245%, nilai Net B/C 8,70, nilai PP 0,46 dan untuk analisis sensitivitas dapat di lihat pada tabel. Untuk analisis non finansial terdapat aspek teknis berupa sarana dan prasarana yang menunjang usaha RM. Ikan Bakar Cak Darman, untuk aspek manajemen terdapat perencanaan, pengorganisasian, pengawasan dan pergerakan yang di lakukan oleh pemilik terhadap para karyawan yang ada. Untuk aspek pemasaran terdapat bauran pemasaran yang meliputi harga produk, lokasi atau tempat dari usaha tersebut, produk yang di sediakan pada usaha tersebut dan juga promosi yang di lakukan untuk menarik konsumen. Kemudian untuk analisis SWOT yang didapatkan bahwa hasil dari usaha ini berada pada kuadran I dengan titik koordinat (0,42;0,34) yang menandakan bahwa usaha ini cukup menguntungkan karena memiliki kekuatan dan peluang yang dapat di kembangkan oleh pelaku usaha sehingga cocok menggunakan analisis SO (Strenght Oppurtunities). Pada perencanaan usaha dilakuakan penambahan sebesar 20% untuk bahan baku dan dilakukan penambahan beberapa inventaris dan di dapatkan hasil finansial jangka pendek kategori layak untuk di jalankan jika usaha tersebut mengalami pengembangan bisnis. Untuk aspek finansial jangka panjang usaha tersebut masih tergolong layak dikarenakan hasil yang di dapatkan mebih besar daripada nilai ketentuan kelayakan sebuah usaha. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa usaha Rumah Makan Ikan Bakar Cak Darman berdiri sejak tahun 2007 atau sudah berdiri selama 13 tahun. Rumah makan ini memegang moto 5R yaitu: roso/rasa, rego/harga, resik/bersih, ramah, rikat/cepat. Terletak di kawasan wisata desa tasikmadu kecamatan watulimo kabupaten trenggalek jawa timur. Adapun untuk aspek finansial usaha tersebut di nyatakan layak untuk di jalankan dikarenakan aspek tersebut memiliki hasil yang lebih tinggi dari ketentuan kelayakan sebuah usaha, untuk aspek non finansial yang ada cukup mendukung usaha tersebut mulai dari sarana dan prasarana yang ada untuk pengembangan usaha rumah makan tersebut masih dapat di terima dan menguntungkan jika strategi pengembangan usaha tersebut di implementasikan kepada usaha tersebut. Berdasarkan data di atas dapat di berikan saran Untuk pelaku usaha agar dapat di jadikan sebagai referensi terkait produk dan daya saing terhadap pelaku bisnis yang lain. Dan untuk penelitian selanjutnya agar dapat lebih menyempurnakan lagi.
English Abstract
Indonesia is an archipelagic country which has a wider sea area than its land area. Having a total sea area of 3.1 million km2 or 62 percent, it has the longest coastline in the world with a length of around 81,000 km. Besides having a stunning ocean area, there are also various marine inhabitants, ranging from ornamental fish to consumption fish, small fish to large fish. Due to the location of the Cak Darman Grilled Fish Restaurant on the coast of Prigi Bay where the majority of the people are local fishermen, it is not too difficult to get fresh raw materials. As is known, fish is one of the foodstuffs that will quickly decompose if it is not properly stored and processed. In the Cak Darman Grilled Fish Restaurant business which is located in the prigi beach tourist area with the distinctive sound of waves and beach sand. Besides that, the purpose of this analysis is to know the business profile of the restaurant, to know business analysis from a financial and non-financial perspective, and to know the development strategy of the business. The purpose of this study was to find out the business profile of the Cak Darman Fish Grill Restaurant, then find out the business conditions in terms of financial and non-financial aspects in the Cak Darman Fish Grill Restaurant, then find out the business development strategy that is in the Grilled Fish Restaurant. Cak Darman by using SWOT analysis. This study uses a type of quantitative analysis method, the type of data in this study is derived from primary data and secondary data sourced from previous research, scientific journals, population data from local villages, and also from information provided by business actors. For the data collection method by observing the research location, interviewing business actors, as well as documentation as evidence of the actual location, then a business plan is carried out using SWOT analysis and analyzing the business development strategy that will be implemented. There is a financial aspect that is obtained from the analysis of the restaurant getting a fixed capital value of Rp. 60,889,000, current capital of Rp. 113,330,000, and working capital of Rp. 186,707,800. In addition to capital, there is financing of Rp. 186,707,800, the receipt value is Rp. 336,000,000, R/C ratio of 1.79, BEP unit value of 2214.51 units / year, BEP sales of Rp. 110,724,124, profit value Rp. 149,292,200 and a profitability value of 79.97%. This value is short-term finance obtained at RM. Cak Darman Grilled Fish. Not only that, there is also long-term finance which includes an NPV value of Rp. 486,638,456, the IRR value is 245%, the Net B/C value is 8.70, the PP value is 0.46 and for sensitivity analysis it can be seen in the table. For non-financial analysis, there are technical aspects in the form of facilities and infrastructure that support the RM business. Ikan Bakar Cak Darman, for the management aspect there is planning, organizing, monitoring and movement carried out by the owner towards the existing employees. For the marketing aspect, there is a marketing mix which includes product prices, location or place of the business, products provided to the business and also promotions carried out to attract consumers. Then for the SWOT analysis it was found that the results of this business are in quadrant I with coordinate points (0.42; 0.34) which indicates that this business is quite profitable because it has strengths and opportunities that can be developed by business actors so that it is suitable for using analysis. SO (Strength Opportunities). In the business plan, an additional 20% for raw materials is added and some inventory is added and short-term financial results are obtained, the category is feasible to run if the business experiences business development. For the long-term financial aspect, the business is still considered feasible because the results obtained are greater than the value of the feasibility provisions of a business. From the above data it can be concluded that the Cak Darman Grilled Fish Restaurant business was established in 2007 or has been established for 13 years. This restaurant adheres to the 5R motto, namely: roso/taste, rego/price, clean/clean, friendly, fast/friendly. Located in the tourist area of Tasikmadu village, Watulimo sub-district, Trenggalek district, East Java. As for the financial aspects of the business, it is stated that it is feasible to run because this aspect has a higher yield than the eligibility provisions of a business, for the non-financial aspects that are sufficient to support the business starting from the existing facilities and infrastructure for the development of the restaurant business. acceptable and profitable if the business development strategy is implemented in the business. Based on the data above, suggestions can be given for business actors so that they can be used as references regarding products and competitiveness against other business actors. And for further research in order to further refine it.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522080361 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 25 May 2023 06:54 |
Last Modified: | 25 May 2023 06:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200348 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anggun Melly Saputri.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |