Pengaruh RSQ (Retail Service Quality), Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Online Pada Matahari Departement Store Malang Town Square)

Yofaldo, Fio Vicki and Aniesa Samira Bafadhal,, S. AB., M.AB. (2022) Pengaruh RSQ (Retail Service Quality), Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Online Pada Matahari Departement Store Malang Town Square). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan bisnis ritel yang sudah terus mengalami perkembangan yang signifikan sampai hari ini. Banyak terdapat bisnis ritel yang mengalami perkembangan tetapi tidak sedikit pula bisnis ritel yang harus menggulung tikar karena tidak mampu bersaing dengan kompetitor. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan memberikan pelayanan terbaik guna memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dalam melakukan traksaksi. Begitu juga dengan swalayan yang merupakan salah satu bisnis yang bergerak di bidang jasa dalam hal penyediaan kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat. Malang Town Square sendiri dalam menarik pelanggan pada setiap stand diberikan pelayanan yang prima dalam artian jasa yang diberikan dapat membuat konsumen untuk mempunyai rasa ingin melakukan pembelian berulang. Disisi lain strategi yang dilakukan Malang Town Square mengadakan event berupa diskon bulanan, pertunjukan musik, dan pameran. Penjualan produk oleh Malang Town Square pada masa pandemi mengalami penurunan sehingga cara Malang Town Square bertahan dalam kondisi sekarang ini dengan strategi dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Mereka menggunakan teknologi dalam menerapkan protokol kesehatan. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini antara lain adalah 1)menganalisis pengaruh RSQ terhadap loyalitas pelanggan, 2) menganalisis pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan, 3) menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan dan 4) menganalisis RSQ, harga dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seacara parsial variabel RSQ (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y), dengan hasil signifikansi sebesar 0,000. Harga (X2) berpengaruh signifikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,000. Kepercayaan (X3) berpengaruh signifikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.001, dan secara simultan variabel RSQ, harga dan kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

English Abstract

The retail business competition has continued to experience significant developments to this day. There are many retail businesses that are experiencing development, not a few retail businesses that have to go out of business because they are unable to compete with competitors. One strategy that can be used is to provide the best service to meet the needs and desires of consumers in conducting transactions. Likewise, supermarkets are one of the businesses engaged in services in terms of providing daily needs for the community. Malang Town Square itself in attracting customers at each stand is given excellent service in the sense that the services provided can make consumers have a sense of wanting to make repeat purchases. On the other hand, Malang Town Square's strategy is to hold monthly discount events, music performances, and exhibitions. Product sales by Malang Town Square during the pandemic have decreased so that the way Malang Town Square survives in its current condition is with a strategy in implementing the Covid-19 prevention health protocol. They use technology in implementing health protocols. The objectives of this study include 1) analyzing the effect of RSQ on customer loyalty, 2) analyzing the effect of price on customer loyalty, 3) analyzing the effect of trust on customer loyalty and 4) analyzing RSQ, price and trust on customer loyalty. The type of research used in this research is quantitative. The results showed that partially the RSQ variable (X1) had a positive and significant effect on customer loyalty (Y), with a significance result of 0.000. Price (X2) has a significant effect with the regression coefficient value of 0.000. Trust (X3) has a significant effect with a regression coefficient of 0.001, and simultaneously the variables RSQ, price and trust have a significant effect on customer loyalty

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030213
Uncontrolled Keywords: RSQ (Retail Service Quality), Harga, Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan .- RSQ (Retail Service Quality), Price, Trust And Customer Loyalty
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 May 2023 06:25
Last Modified: 25 May 2023 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200332
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fio Vicki Yofaldo.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item