Yudhaningrum, Melia Fungki and Dr. Amelia Sri Kusuma Dewi and Shinta Puspita Sari (2022) Hambatan Pelaksanaan Penyampaian Informasi Bank Terkait Suku Bunga Floating Kredit Pemilikan Rumah (Kpr) Non Subsidi (Studi Pada Bank Btn Kantor Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Skripsi ini mengangkat permasalahan mengenai beberapa hal yang menjadi hambatan dalam penyampaian informasi dalam proses penyaluran produk bank khususnya suku bunga KPR Non Subsidi. Pilihan tema tersebut dilatarbelakangi oleh adanya tindakan yang dilakukan pegawai bank pada divisi yang berkecimpung dalam penyaluran produk bank yakni Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang tidak dapat memastikan tersampaikannya informasi berupa pengiriman surat pemberitahuan perubahan suku bunga floating dengan adanya bukti tanda tangan debitur sebagai penerima. Kemudian, adanya hambatan berupa penyimpangan peraturan dalam Perjanjian Kredit Pemilikan Rumah milik Bank BTN yang dilakukan oleh pihak debitur selaku konsumen jasa keuangan disertai dengan tidak dilakukannya konfirmasi oleh pihak bank sebelum pengiriman surat pemberitahuan perubahan suku bunga floating kepada debitur. Sehingga dari hambatan tersebut menjadi hambatan dalam tersampaikannya informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan suku bunga floating KPR Non Subsidi. Berdasarkan hal tersebut, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah:(1) Bagaimana pelaksanaan kewajiban menyampaikan informasi suku bunga floating pada Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Non-Subsidi di Bank BTN Kantor Cabang Malang?(2) Apa saja hambatan dalam pelaksanaan penyampaian informasi suku bunga Kredit Pemilikan Rumah Non-Subsidi di Bank BTN Kantor Cabang Malang ? (3) Bagaimana upaya dalam mengatasi hambatan dalam pelaksanaan penyampaian informasi terkait suku bunga floating pada Kredit Pemilikan Rumah Non Subsidi ? Kemudian penulisan karya tulis ini menggunakan metode yuridis empiris dengan metode pendekatan Yuridis Sosiologis. Bahan hukum yang diperoleh penulis yakni primer, sekunder dan tersier yang diperoleh penulis berdasarkan hasil wawancara dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa diketahui adanya hambatan yang menyebabkan informasi suku bunga floating KPR Non Subsidi terbatas. Pada hambatan dibagi menjadi 2, yakni Field Collector Tidak Dapat Memastikan Penerimaan Surat Pemberitahuan Diterima Secara Langsung Oleh Debitur dan Budaya Hukum Pihak Bank dan Debitur. Upaya yang dapat dilakukan yakni Evaluasi Para Pihak Dalam Consumer Collection Remedial Division (CCRD) dan Kesadaran Hukum Debitur Pentingnya Transparansi Kepada Pihak Bank.
English Abstract
This thesis raises the issue of several things that become obstacles in the delivery of information in the process of sending bank products, especially non-subsidized mortgage interest rates openly and openly. The choice of the theme was motivated by actions taken by bank employees in the division involved in delivering bank products, namely Home Ownership Loans (KPR) which were unable to ensure the delivery of information in the form of sendingaletter of notification of changes in hand rates with evidence of the debtor's signature as the recipient. Then, obstacles in the form of irregularities in the regulations in the House Ownership Credit Agreement owned by Bank BTN carried out by the debtor asaservice consumer accompanied by the absence of cross-checking by the bank concerned updating the debtor's personal data. So that from these obstacles it becomes an obstacle in conveying information regarding matters relating to the floating interest rate of Non- Subsidized Mortgages. Based on this, this paper raises the formulation of the problem: (1) How is the implementation of the obligation to convey floating interest rate information on Non- Subsidized Home Ownership Loans (KPR) at Bank BTN Malang Branch Office? (2) What are the obstacles in the delivery of information on interest rates for Non- Subsidized Home Ownership Loans at Bank BTN Malang Branch Office? (3) What are the efforts to overcome obstacles in the delivery of information related to floating interest rates on Non-Subsidized Home Ownership Loans? Then the writing of this paper uses an empirical juridical method withasociological juridical approach. Legal materials obtained by the author are primary, secondary and tertiary obtained based on the results of interviews and documentation studies. From the results of the research using the above method, the authors obtained answers to the existing problems that it is known that there are obstacles that cause limited information on floating interest rates for Non-Subsidized Mortgages. The obstacles are divided into 2, namely Field Collector Cannot Receive Notification Letter Received Directly By Debtor and Bank and Debtor Party Culture. Efforts that can be made are Evaluation of Parties in the Consumer Collection Remedial Division (CCRD) and Legal Awareness of Debtors on the Importance of Transparency to Banks.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522010296 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 25 May 2023 03:06 |
Last Modified: | 25 May 2023 03:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200320 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Melia Fungki Yudhaningrum.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |