Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Pajak dan Sosialisasi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Wajib Pajak di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kota Batu)

Krisnawati, Erlina Dewi and Devi Farah Azizah,, S.Sos., MAB (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Pajak dan Sosialisasi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Wajib Pajak di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kepatuhan wajib pajak sangat berkaitan dengan sikap wajib pajak dalam membuat penilaian terhadap pajak itu sendiri. Jika dikaitkan dengan teori atribusi yang menyatakan bahwa persepsi seseorang dalam berperilaku yang menentukan tingkat kepatuhan atau tidaknya wajib pajak orang pribadi dalam memenuhi kewajiban perpajakannya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam diri individu seperti kepribadian ataupun kemampuan yang dimiliki oleh wajib pajak. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor-faktor yang berasal dari luar diri individu seperti kondisi sosial, nilai sosial ataupun pengaruh sosial dari orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Batu, 2) apakah pengetahuan pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Batu, 3) apakah sosialisasi pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Batu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, populasi penelitian ini adalah wajib pajak yang terdaftar di Kantor SAMSAT Kota Batu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah incidental sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung kepada wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor SAMSAT Kota Batu. Penelitian ini menggunakan 100 responden dan dianalisis dengan SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Batu, pengetahuan pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Batu dan sosialisasi pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Batu.

English Abstract

Taxpayer compliance is closely related to the attitude of the taxpayer in making an assessment of the tax itself. If it is associated with attribution theory which states that a person's perception of behavior that determines the level of compliance or not an individual taxpayer in fulfilling their tax obligations is influenced by two factors, namely, internal factors and external factors. Internal factors are factors that come from within the individual such as personality or abilities possessed by taxpayers. While, external factors are factors that come from outside the individual such as social conditions, social values or social influences from other people. The purpose of this study was to find out 1) whether service quality has a significant effect on motor vehicle taxpayer compliance in Batu City, 2) whether tax knowledge has a significant effect on motor vehicle tax compliance in Batu City, 3) whether tax socialization has a significant effect on compliance motor vehicle tax payers in Batu City. The research method used in this study is quantitative, the population of this study are taxpayers who are registered at the One-Stop Administration Services Office in Batu City. The sampling technique used was incidental sampling. Data collection was obtained by distributing questionnaires directly to motor vehicle taxpayers registered at the One-Stop Administration Services Office in Batu City. This study used 100 respondents and was analyzed using SPSS Version 25. The results showed that service quality had a significant effect on motor vehicle tax compliance in Batu City, tax knowledge had a significant effect on motor vehicle tax compliance in Batu City and tax socialization had a significant effect on compliance motor vehicle tax payers in Batu City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030206
Uncontrolled Keywords: Teori Atribusi, Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Pajak, Sosialisasi Pajak, dan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor .- Attribution Theory, Service Quality, Tax Knowledge, Tax Socialization, and Motor Vehicle Taxpayer
Subjects: 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Perpajakan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 May 2023 02:33
Last Modified: 25 May 2023 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200296
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ERLINA DEWI KRISNAWATI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item