Rizkia, Della Eka and Dr. Dra. Asmika Madjri,, SKM, M. Kes and Krisjentha Iffah A.,, S.Keb., Bd., M.Kes (2022) Hubungan Antara Lama Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun di Desa Orobulu Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Masa prasekolah merupakan masa seorang anak memiliki kepekaan yang tinggi dengan adanya kontak sosial dan komunikasi yang dapat mempengaruhi cara bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Gadget adalah alat untuk berkomunikasi yang memiliki berbagai tampilan yang akan menjadi daya tarik bagi anak. Penggunaan gadget yang tidak terkontrol menimbulkan dampak yang dapat mempengaruhi perkembangan sosial mereka. Tujuan penelitian: menganalisis hubungan antara lamanya penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak usia 4-6 tahun di Desa Orobulu Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Metode Penelitian: penelitian ini menggunakan 83 responden sebagai sampel dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian: 57 responden (68.7%) yang menggunakan gadget dengan intensitas yang tinggi dapat dikelompokkan menjadi 2 berdasarkan perkembangan sosialnya. Responden dengan perkembangan sosial normal berjumlah 37 responden (44.6%) sedangkan responden yang memiliki perkembangan sosial suspect berjumlah 20 responden (24.1%). Uji data dengan Chi-Square membuktikan H0 ditolak. Kesimpulan: terdapat hubungan yang signifikan antara lama penggunaan gadget dengan perkembangan sosial pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di Desa Orobulu Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan.
English Abstract
Preschool is a moment when children have a high sensitivity due to social contact and communication that affect how they interact with their surroundings. Gadgets are a form of technological advancement with a variety of models that can attract preschoolers. The uncontrolled use of gadgets has several implications for their social development. This study aims to analyze the relation between device usage time and the social development of children aged 4 to 6 years in Orobulu Village, Rembang District, Pasuruan Regency. The researcher used a purposive sampling method that included a total of 83 respondents. The results showed that 57 respondents (68.7%) who used gadgets with high intensity could be grouped into 2 based on their social development. Thirty-seven (44.6%) respondents had normal social development, and 20 (24.1%) were in suspect social development. H0 is disproved by data analysis using the Chi-Square test with p = 0.000 0.05. Therefore, it can be inferred that there is a significant connection between gadget use and social development in preschool children (4-6 years old) in Orobulu village, Rembang District, Pasuruan Regency.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522060220 |
Uncontrolled Keywords: | Lama penggunaan gadget, perkembangan sosial anak prasekolah,device usage time, social development of preschool children |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 618 Gynecology, obstetrics, pediatrics, geriatrics > 618.2 Obstetrics |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kebidanan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 25 May 2023 02:31 |
Last Modified: | 25 May 2023 02:31 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200295 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Della Eka Rizkia.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |