Alexander, Jeremy Dwi and M. Zairul Alam and Ranitya Ghanindha (2022) Pelaksanaan Perlindungan Hak Cipta Konten Digital Di Media Sosial Atas Penggunaan Konten Untuk Tujuan Komersial. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan penggunaan konten yang digunakan dan dimanfaatkan secara ekonomi dan dijadikan sebagai iklan komersial dalam media sosial. Yang kemudian penulis ingin mencari tahu apakah penggunaan konten sebagai iklan komersial tersebut melanggar ketentuan penggunaan yang wajar berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan bagaimana perlindungan hukumnya. Kemudian penulis juga ingin mencari tahu pelaksanaan pencegahan khususnya terkait pengawasan pembuatan dan penyebarluasan konten pelanggaran hak cipta di media sosial. Berdasarkan hal tersebut, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana perlindungan hak cipta terhadap pelanggaran hak cipta konten digital di media sosial? (2) Bagaimana pelaksanaan pengawasan pembuatan dan penyebarluasan konten yang melanggar hak cipta di media sosial? Kemudian dalam penulisan karya tulis ini penulis menggunakan metode sosio legal dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Jenis data primer dan sekunder yang diperoleh penulis dan akan dianalisis dengan metode deskriptif analitis. Dari hasil penelitian ini, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa hukum Indonesia telah mengatur berbagai jenis perlindungan hak cipta termasuk dengan konten digital yang terdapat di media sosial baik secara preventif maupun represif, begitu pula dengan pengaturan penggunaan ciptaan yang wajar (fair use), tetapi masih terdapat beberapa jenis konten yang masih belum terkategorikan sebagai karya yang dimaksud dalam Undang-Undang nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Sedangkan terkait pencegahan terjadinya pelanggaran hak cipta oleh Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia belum seluruhnya berjalan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta mengenai pengawasan terhadap pembuatan dan penyebarluasan konten pelanggaran hak cipta dalam sarana berbasis teknologi informasi yang disebabkan tidak adanya pengaturan lebih jauh mengenai satuan kerja yang bertugas melakukan pengawasan terhadap konten-konten pelanggaran hak cipta di media sosial.
English Abstract
In this thesis, the author raises the issue of the use of content that is used and exploited economically and used as commercial advertisements in social media. Which then the author wants to find out whether the use of content asacommercial advertisement violates the provisions of fair use based on Law Number 28 of 2014 concerning Copyright and how the legal protection is. Then the author also wants to find out the implementation of prevention, especially regarding the supervision of the creation and dissemination of copyright infringement content on social media. Based on this, this paper raises the formulation of the problem: (1) How is copyright protection against copyright infringement of digital content on social media? (2) How is the implementation of supervision of the creation and dissemination of content that violates copyright on social media? Then in writing this paper the author uses the socio-legal method withasociological juridical approach. Types of primary and secondary data obtained by the author and will be analyzed by analytical descriptive method. From the results of this study, the authors obtain answers to existing problems that Indonesian law has regulated various types of copyright protection including digital content found on social media both preventively and repressively, as well as regulation of fair use. but there are still several types of content that are still not categorized as works as referred to in Law number 28 of 2014 concerning Copyright. Meanwhile, regarding the prevention of copyright infringement by the Government of Indonesia through the Directorate General of Intellectual Property of the Ministry of Law and Human Rights, it has not been fully implemented according to the mandate of Law Number 28 of 2014 concerning Copyright regarding supervision of the creation and dissemination of copyright infringing content in technology-based facilities. information due to the absence of further regulation regarding the work unit tasked with supervising copyright infringing content on social media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522010288 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 25 May 2023 02:16 |
Last Modified: | 25 May 2023 02:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200288 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
JEREMY DWI ALEXANDER.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |