Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelanggaraan Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan (Studi Pada Penyelenggara Pelayanan Kesehatan di RSUD Kota Malang)

Rahajeng, Devita Dwi and Dr. Hermawan,, S. IP, M.Si and Ali Maskur,, S.AP., M.AP., MA. (2022) Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelanggaraan Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan (Studi Pada Penyelenggara Pelayanan Kesehatan di RSUD Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan kesehatan rawat jalan di RSUD Kota Malang melalui survey kepuasan masyarakat menggunakan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Pada permenpan no.14 tahun 2017 tersebut menggunakan 9 indikator yaitu: persyaratan, sistem mekanisme dan prosedur, waktu penyelesaian, biaya atau tarif, produk spesifikasi dan jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, perilaku pelaksana, penanganan pengaduuan, saran dan masukan, sarana dan prasarana. Survey Kepuasan Masyarakat dilaksanakan dalam rangka upaya menciptakan kualitas pelayanan publik yang baik dan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik. Oleh karena itu, survey kepuasan masyarakat menjadi hal yang penting dan harus dilakukan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan unsur pelayanan yang diberikan. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian statistik deskriptif monovariat dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan analisin Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan hasil data dalam bentuk angka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Technique dengan menggunakan data hasil kuesioner. Penelitian ini dilakukan di poliklinik rawat jalan pada RSUD Kota Malang. Poliklinik rawat jalan RSUD Kota Malang memiliki 8 poli, yaitu poli anak, poli penyakit dalam, poli gigi, poli bedah, poli obgyn, poli kulit kelamin, poli paru dan poli umum. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien dari RSUD Kota Malang yang sedang atau telah melakukan pelayanan kesehatan di poliklinik rawat jalan RSUD Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat untuk pelayanan rawat jalan RSUD Kota Malang adalah 82,25 yang berada pada nilai interval konversi (NIK) 76,61- 88,30. Maka dapat dikatakan bahwa pelayanan poliklinik rawat jalan RSUD Kota Malang telah berjalan dengan baik.

English Abstract

This study aims to determine and describe the level of community satisfaction with the implementation of outpatient health services at the Malang City Hospital through a community satisfaction survey using the Regulation of the Minister of Administrative Reform and Bureaucratic Reform Number 14 of 2017 concerning Guidelines for Compiling a Community Satisfaction Survey for Public Service Delivery Units. In the Minister of Agriculture Regulation No. 14 of 2017, 9 indicators are used, namely: requirements, system mechanisms and procedures, completion time, costs or tariffs, product specifications and types of services, implementing competencies, implementing behavior, handling complaints, suggestions, and inputs, facilities, and infrastructure. The Community Satisfaction Survey is carried out in an effort to create good quality public services and as an evaluation material to improve the performance of public services. Therefore, community satisfaction surveys are important and must be carried out to find out the weaknesses and strengths of the elements of the services provided. This study uses a monovariate descriptive statistical research type with a quantitative approach that uses the analysis of the Community Satisfaction Index (IKM) with data results in the form of numbers. The sampling technique used is the Simple Random Technique using the data from the questionnaire. This research was conducted in an outpatient polyclinic at the Malang City Hospital. The outpatient polyclinic of the Malang City Hospital has 8 polyclinics, namely pediatric poly, internal medicine poly, dental poly, surgery poly, obgyn poly, genital skin poly, pulmonary poly and general poly. The population in this study were patients from the Malang City Hospital who were or had performed health services at the outpatient polyclinic of Malang City Hospital. The results showed that the value of the Community Satisfaction Index for outpatient services at the Malang City Hospital was 82.25 which was in the conversion interval (NIK) value of 76.61-88.30. So it can be said that the outpatient polyclinic service at the Malang City Hospital has been running well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522030198
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Masyarakat, Pelayanan, Rawat Jalan .- Community Satisfaction, Service, Outpatient
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 May 2023 01:35
Last Modified: 25 May 2023 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200264
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
devita dwi.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item