Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Manajemen Tenaga Pendidik (Studi Pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magetan, SMPN 1 Magetan, dan SMPN 3 Maospati)

Maharani, Dea Avriliya and Prof. Dr. Bambang Supriyono,, MS. and Dr. Moh. Said,, S.Sos., (2023) Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Manajemen Tenaga Pendidik (Studi Pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magetan, SMPN 1 Magetan, dan SMPN 3 Maospati). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisa mengenai manajemen tenaga pendidik dalam peningkatan kualitas pendidikan pada tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Magetan. Latar belakang penelitian ini adalah dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 2 ayat 1 dijelaskan bahwa guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan Maret sampai Oktober 2022 bertempat di Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magetan, SMPN 3 Maospati dan SMPN 1 Magetan. Fokus permasalahan penelitian ini adalah (a) moraliltas tenaga pendidik (b) profesionalitas tenaga pendidik (c) sikap kompetitif tenaga pendidik (d) akuntabilitas tenaga pendidik. Teknik pengumpulan data diambil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) pengumpulan data (2) kondensasi data (3) penyajian data, dan (4) pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen tenaga pendidik di Kabupaten Magetan sudah baik meskipun masih ada beberapa kekurangan. Dalam moralitas tenaga pendidik dilakukan upaya kedisiplinan dan pemberian contoh yang dilakukan oleh pemimpin. Profesionalitas tenaga pendidik dilakukan dengan upaya pelaksanaan workshop. Sikap kompetitif tenaga pendidik dilakukan dengan upaya penyusunan program pembelajaran, RPP, Silabus, dan Jurnal mengajar. Akuntabilitas tenaga pendidik dilakukan dengan upaya monitoring dan evaluasi serta pengadaan Standar Operasional Prosedur (SOP) kepada tenaga pendidik. Penulis memberikan saran terhadap proses manajemen tenaga pendidik di Kabupaten Magetan agar diciptakannya pengumpulan poin sanksi yang dilakukan ketika terdapat tenaga pendidik yang melanggar kedisiplinan, dilakukan workshop dan dilanjutkan dengan pelatihan langsung kepada tenaga pendidik, pembuatan silabus dan RPP yang digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar kepada peserta didik disusun berdasarkan kebutuhan peserta didik dan disusun dengan model yang berinovasi, monitoring dan evaluasi yang dilakukan kepada tenaga pendidik dipantau dengan seksama dan dilakukan tindak lanjut dari hasil monitoring dan evaluasi tersebut.

English Abstract

This study aims to explain and analyze the management of teachers in improving the quality of education at the junior high school level in Magetan Regency. The background of this research is that in Law Number 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers Article 2 paragraph 1 it is explained that teachers have a position as professionals at the levels of basic education, secondary education, and early childhood education in the formal education pathway which are appointed in accordance with legislation. This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The research was conducted from March to October 2022 at the Magetan Regency Youth and Sports Education Office, Maospati 3 Middle School and Magetan 1 Middle School. The focus of this research problem is (a) the morality of the teachers (b) the professionalism of the teachers (c) the competitive attitude of the teachers (d) the accountability of the teachers. Data collection techniques were taken from observation, interviews, and documentation, while the data analysis techniques used in this study were: (1) data collection (2) data condensation (3) data presentation, and (4) drawing conclusions. The results of the study show that the management of teachers in Magetan Regency is good even though there are still some deficiencies. In the morality of teachers, disciplinary efforts and giving examples are carried out by leaders. The professionalism of teachers is carried out by implementing workshops. The competitive attitude of teachers is carried out by efforts to prepare learning programs, lesson plans, syllabus, and teaching journals. The accountability of teachers is carried out through monitoring and evaluation efforts as well as procuring Standard Operating Procedures (SOP) for teachers. The author provides suggestions for the management process for teachers in Magetan Regency so that a collection of sanction points is created when there are teachers who violate discipline, conducting workshops and continuing with direct training for teachers, making syllabus and lesson plans used as a reference in carrying out teaching and learning activities to students is prepared based on the needs of students and is prepared with an innovative model, monitoring and evaluation carried out for teachers is carefully monitored and follow-up is carried out on the results of the monitoring and evaluation.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423030006
Uncontrolled Keywords: anajemen Tenaga Pendidik, Kualitas Pendidikan, Profesionalitas,Sekolah Menengah Pertama .- Teachers Management, Quality of Education, Professionalism, Junior High School.
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.2 School administration; administration of student academic activities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 May 2023 01:14
Last Modified: 25 May 2023 01:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200260
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DEA AVRILIYA MAHARANI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item