Strategi Sekolah Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Ptmt) Studi Pada Sd Dan Smp Brawijaya Smart School

Paramitha, Cintya Sahriza and Prof. Dr. Soesilo Zauhar,, MS. and I Gede Eko Putra Sri Sentanu,, SAP., MAP., PhD (2022) Strategi Sekolah Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (Ptmt) Studi Pada Sd Dan Smp Brawijaya Smart School. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya Covid-19 yang melanda dunia menyebabkan suatu kondisi ketidakpastian atau uncertainty condition. Adanya uncertainty condition ini menuntut para pemangku kebijakan untuk membuat kebijakan baru agar lembaga pendidikan yang dipimpin dapat bertahan dalam kondisi yang tidak pasti tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi yang diterapkan di SD dan SMP Brawijaya Smart School pada saat pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas selama pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Pemilihan metode ini karena topik penelitian yang membutuhkan eksplorasi lebih mendalam. Obyek dari penelitian ini adalah SD dan SMP BSS yang terletak di Jl. Cipayung No. 08 Lowokwaru Kota Malang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi yang di terapkan oleh SD dan SMP BSS dapat dilihat secara plan, ploy, pattern, position, dan perspective. Plan yang diterapkan oleh SD dan SMP Barawijaya Smart School berupa aturan-aturan yang disusun berlandaskan aturan dari pemerintah. Aturan-aaturan tersebut tidak lain seperti Memakai masker 3 lapis, Mencuci tangan menggunakan sabun, Mengukur suhu tubuh, pembatasan Jumlah hari dan jumlah peserta, ketersediaan wali murid. Ploy yang diterapkan di SD dan SMP BSS yakni dengan membeli domain untuk aplikasi Microsoft Teams sebagai usaha untuk memudahkan pembelajaran hybrid. Dimana siasat tersebut tidak diterapkan di sekolah lain. Pada tahap pattern, sekolah SD dan SMP BSS memiliki SOP yang wajib dipenuhi oleh seluruh warga sekolah seperti aturan wajib protokol kesehatan, aturan makan dan minum, serta aturan dalam mengantar dan menjemput siswa di lingkungan sekolah. Pada tahap position ini, strategi yang dirumuskan dapat sepenuhnya dilaksanakan di SD dan SMP BSS serta tidak keluar dari koridor aturan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Mempertimbangkan lokasi sekolah, dan latar belakang siswa yang beragam serta mempertimbangkan faktor yang lainnya, SD dan SMP BSS hingga hari ini tetap melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan.

English Abstract

The backgrounds of this research are the existence of Covid-19 which is sweeping the world causing a condition of uncertainty or uncertainty condition. The existence of this uncertain condition requires policymakers to make new policies so that the educational institutions they lead can survive in these uncertain conditions. The purposes of this study were to find out the strategies implemented in SD and SMP Brawijaya Smart School when face-to-face learning was limited during the Covid-19 pandemic. The method used in this research is qualitative with descriptive type. The choice of this method is due to the research topic that requires more in-depth exploration. The objects of this research are the BSS Elementary School and Middle School which are located on Jl. Cipayung No. 08 Lowokwaru Malang City. The results of this study show that the strategies applied by BSS SD and SMP can be seen in terms of plan, ploy, pattern, position, and perspective. The plan implemented by SD and SMP Barawijaya Smart School is in the form of rules that are based on government regulations. These rules include wearing a 3-layer mask, washing hands with soap, measuring body temperature, limiting the number of days and the number of participants, and availability of student guardians. The ploy implemented in BSS Elementary and Middle Schools is by buying a domain for the Microsoft Teams application to facilitate hybrid learning. Where the strategy is not applied in other schools. At the pattern stage, BSS Elementary and Middle School schools have SOPs that must be met by all school members such as mandatory health protocol rules, rules for eating and drinking, and rules for dropping off and picking up students in the school environment. At this position stage, the strategy formulated can be fully implemented in BSS SD and SMP and does not go outside the corridors of central government and regional government regulations. Taking into account the location of the school, and the diverse backgrounds of students and considering other factors, BSS SD and SMP to this day continue to carry out face-to-face learning in compliance with health protocols.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0422030008
Uncontrolled Keywords: strategi, pembelajaran tatap muka terbatas, analisis SWOT, covid�19, uncertainty condition .- strategy, limited face-to-face learning, SWOT analysis, covid�19, uncertainty condition
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.2 School administration; administration of student academic activities
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 May 2023 07:19
Last Modified: 24 May 2023 07:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200248
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Cintya Paramitha.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item