Pengaruh Pola Pembelajaran, Pelatihan, Dan Pengasuhan Di Akademi Kepolisian (Akpol) Terhadap Gaya Kepemimpinan Perwira Polri Dan Pembentukan Karakter Polisi Yang Prediktif (Predictive Policing)

Santoso, Budi and Prof. Dr. Bambang Supriyono,, MS and Fadillah Putra,, S.Sos.,M.Si.,MPAff.,Ph.D. and Dr. Ainul Hayat, S.Pd., M.Si, S.Pd., M.Si (2022) Pengaruh Pola Pembelajaran, Pelatihan, Dan Pengasuhan Di Akademi Kepolisian (Akpol) Terhadap Gaya Kepemimpinan Perwira Polri Dan Pembentukan Karakter Polisi Yang Prediktif (Predictive Policing). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan memfokuskan pembahasan pada 6 (enam) rumusan masalah sebagai berikut: (1) pengaruh langsung pola pembelajaran di Akademi Kepolisian terhadap gaya kepemimpinan perwira polisi; (2) pengaruh langsung pola pelatihan di Akademi Kepolisian terhadap gaya kepemimpinan perwira polisi; (3) pengaruh langsung pola pengasuhan di Akademi Kepolisian terhadap gaya kepemimpinan perwira polisi; (4) pengaruh langsung gaya kepemimpinan perwira polisi terhadap pembentukan karakter polisi yang prediktif; (5) pengaruh langsung pembelajaran, pelatihan, dan pengasuhan terhadap pembentukan karakter polisi yang prediktif; dan (6) pengaruh tidak langsung pembelajaran, pelatihan, dan pengasuhan terhadap pembentukan karakter polisi yang prediktif melalui gaya kepemimpinan. Penelitian menggunakan metode pendekatan campuran (mix-method), mengkombinasikan antara penelitian kuantitatif dengan penelitian kualitatif. Penelitian kuantitatif untuk menjawab permasalahan 1 sampai dengan 6, dan penelitian kualitatif sebagai pendukung penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 382 sampel dari total jumlah populasi berjumlah 8.602 perwira polisi. Analisis data menggunakan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan software AMOS dan SmartPLS. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh positif langsung dan tidak signifikan variabel Pembelajaran pada Pola Pendidikan Akpol terhadap Gaya Kepemimpinan Perwira Polisi; (2) Terdapat pengaruh positif langsung dan signifikan variabel Pelatihan pada Pola Pendidikan Akpol terhadap Gaya Kepemimpinan Perwira Polisi; (3) Terdapat pengaruh positif langsung dan signifikan variabel Pengasuhan pada Pola Pendidikan Akpol terhadap Gaya Kepemimpinan Perwira Polisi; (4) Terdapat pengaruh positif langsung dan signifikan Gaya Kepemimpinan Perwira Polisi terhadap Pembentukan Karakter Polisi yang Prediktif (Predictive Policing); (5) Terdapat pengaruh positif langsung dan signifikan Pelatihan dan Pengasuhan terhadap Pembentukan Karakter Polisi yang Prediktif; dan (6) Terdapat pengaruh positif signifikan dan tidak langsung Pelatihan dan Pengasuhan pada Pola Pendidikan Akpol terhadap Pembentukan Karakter Polisi yang Prediktif melalui Gaya Kepemimpinan Perwira Polisi. Hasil analisis kualitatif menunjukkan bahwa penelitian ini merekomendasikan teori baru dalam pola pendidikan, khususnya di Akpol dan untuk pendidikan vokasi, bahwa pola pendidikan yang tidak mengintegrasikan pengasuhan ke dalam aspek pembelajaran dan pelatihannya maka akan kurang optimal dalam mengasah gaya kepemimpinan dan pembentukan karakter polisi yang prediktif, bahkan pembelajaran yang dilakukan di ruang kelas tidak akan memiliki dampak terhadap aspek afektif dan psikomotorik, hanya berpengaruh pada pengembangan kognitif semata. Pengasuhan (mentoring) menjadi sentral dalam pengembangan minat peserta didik agar menguasai keterampilan yang diajarkan dalam pelatihan dan dalam kepemilikan etika yang baik. Dengan kata lain, pembelajaran dan pelatihan tanpa pengasuhan yang baik akan berakibat pada kurangnya penguasaan peserta didik terhadap berbagai keterampilan yang diajarkan dan sikap mental serta etika yang sangat penting untuk dimiliki dalam semua profesi, khususnya oleh perwira polisi dalam mengemban tugasnya, khususnya penguasaan gaya kepemimpinan dan pembentukan karakter polisi yang prediktif. Diperlukan perbaikan yang mendasar pada aspek pembelajaran dan pelatihan. Perbaikan pada variabel pembelajaran di antaranya terkait dengan peningkatan metode pembelajaran, teknologi, kualitas bahan ajar dan kurikulum, serta peningkatan kualitas tenaga pendidik. Adapun pada aspek pelatihan, hal yang perlu ditingkatkan dalam rangka merumuskan model pelatihan yang lebih efektif adalah beberapa hal seperti perbaikan metode pelatihan, penambahan jam pelatihan, dan penambahan keterampilan yang diajarkan seperti keterampilan komunikasi, undercover dan surveillance. Hal ini dilakukan untuk reformasi dan pengembangan sumber daya manusia (Human Resources) perwira kepolisian, sebagai irisan ilmu administrasi publik. Fokus pada pentingnya menyiapkan kader kepemimpinan yang handal dan siap pakai, sesuai harapan masyarakat dengan kemampuan dan kecakapan yang cepat dan tepat, mampu menyesuaikan angin perubahan yang radikal di masa depan.

English Abstract

This study aims to focus on 6 (six) problems: (1) the direct effect of learning at the Police Academy to the leadership style of police officers; (2) the direct effect of training at the Police Academy to the leadership style of police officers; (3) the direct effect of mentoring at the Police Academy to the leadership style of police officers; (4) the direct effect of police officers' leadership style to the shaping of predictive policing character; (5) the direct effect of learning, training, and mentoring on the shaping of predictive police character; and (6) the indirect effect of learning, training, and mentoring on the shaping of predictive police character through leadership style. This research uses a mixed-method approach, combining quantitative research with qualitative research. Quantitative research is to answer problems 1 to 6, and qualitative research for supporting quantitative analysis. The research sample is 382 samples from the total population of 8.602 police officers. Data analysis used Structural Equation Model (SEM) analysis with the help of AMOS and SmartPLS software. The results of the quantitative analysis show that: (1) there is no direct and insignificant positive effect of the Learning variable on the Police Academy Education Pattern to the Leadership Style of Police Officers; (2) There is a direct and significant positive effect of the training variable on the Police Academy Education Pattern to the Leadership Style of Police Officers; (3) There is a direct and significant positive effect of the Mentoring variable on the Police Academy Educational Pattern to the Leadership Style of Police Officers; (4) There is a direct and significant positive effect of Police Officer Leadership Style to the shaping of Predictive Policing Character; (5) There is direct and significant effect of Training and Mentoring on Police Academy Education Patterns to the shaping of Predictive Police Character; and (6) There is a significant positive and indirect effect of Training and Mentoring on Police Academy Education Patterns to the shaping of Predictive Police Character through Police Officer Leadership Style. The result of the qualitative analysis shows that this study recommends a new theory in the pattern of education, especially in the Police Academy and for vocational education, that an education that does not integrate mentoring into its learning and training aspects will be less optimal in shaping leadership styles and predictive policing character. Learning in the classroom will not have an impact on affective and psychomotor aspects, only affects cognitive development. Mentoring is central in developing students' interest in mastering the skills in training and in possessing good ethics. In other words, learning and training without good mentoring will result in a lack of student mastery of the various skills, mental and ethical attitudes that are very important for all professions, especially by police officers in carrying out their duties. Fundamental improvements are needed in aspects of learning and training. Improvements in learning variables are related to improving learning methods, technology, quality of teaching materials and curriculum, as well as improving the quality of teaching staff. As for the training aspect, things that need to be improved in order to formulate a more effective training model are several things such as improving training methods, increasing training hours, and adding skills such as communication skills, undercover and surveillance. Purpose to reform and develop human resources for police officers, as a part of public administration science. Focus on recruiting reliable and ready-to-use leaders, based on public interest with fast and precise ability and skills, able to adapt with radical change in the future.

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: 0622030001
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pelatihan, Pengasuhan, Gaya Kepemimpinan, Pembentukan Karakter Polisi yang Prediktif. .- earning, Training, Mentoring, Leadership Style, Shaping of Predictive Policing Character.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 May 2023 06:40
Last Modified: 24 May 2023 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200225
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
BUDI SANTOSO.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item