Analisis Kecakapan Dan Karakter Ideal Pramusaji Guna Mengoptimalisasi Kinerja (Studi Kasus: Hotel Bintang Lima Jw Marriott Surabaya)

Hidayat, Nurul and Dr. Dra. Zahroh, ZA, M. Si and Deasy Chrisnia Natalia, SE., MM (2022) Analisis Kecakapan Dan Karakter Ideal Pramusaji Guna Mengoptimalisasi Kinerja (Studi Kasus: Hotel Bintang Lima Jw Marriott Surabaya). Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Studi ini bermaksud untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan merumuskan masalah tahunan atau berkala yang disebabkan oleh pramusaji. Selama dua tahun terakhir (Booking.com, 2020-2022), mengungkapkan bahwa restoran Paviliun telah mengalami degradasi layanan. Ternyata, tipikal tamu-tamu hotel bintang lima JW Marriott Surabaya sangat selektif terhadap isu-isu higienitas, keamanan, keselamatan, kesehatan, dan ketepatan waktu. Untuk memenuhi tujuan penelitian, penulis menggabungkan tiga disiplin ilmu (pendidikan dan pengembangan, psikologi dan ilmu manusia serta pariwisata dan perhotelan). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sementara itu, metode yang digunakan ialah triangulasi (observasi, wawancara dan studi literatur). Lebih lanjut, narasumber berjumlah 7 orang yang terdiri dari manajer restoran, supervisor, captain, serta greeter sekaligus cashier. Selain itu, penulis menyinergikan data penting dari tiga lembaga (pendidikan, sertifikasi dan hotel). Hasil penelitian menunjukkan bahwa waiter yang cakap dengan karakter ideal ialah mereka yang dapat melakukan mental switching menjadi karakter sanguinis-choleric dan telah menguasai empat dimensi kecakapan hidup. Pertama, kecakapan personal: kesadaran diri akan prioritas pekerjaan, pentingnya perbaikan dan penanganan masalah. Kedua, kecakapan sosial: pramusaji harus tegas namun tetap ramah, serta memiliki kemampuan mendengarkan. Ketiga, kecakapan intelektual: mampu merumuskan kerangka kerja, memberikan saran ahli dan melaksanakan Banquet Event Orders (BEO) dengan baik. Keempat, kecakapan vokasional: menguasai pengelolaan tata hidang, pembelian dan penyimpanan barang. Model IMPR (Integritas, Mentalitas, Profesionalitas, dan Rutinitas) merupakan keluaran dari artikel ini yang diharapkan dapat diduplikasi ke dalam berbagai bidang pekerjaan atau penelitian di kemudian hari.

English Abstract

This study intends to identify, analyze, and formulate annual or periodic problems caused by waiters. Over the last two years (Booking.com, 2020-2022), revealed that the pavilion restaurant has experienced service degradation. It turns out, the typical guests of five-star hotel JW Marriott Surabaya are incredibly selective on the issues of hygiene, security, safety, health, and punctuality. In order to fulfill the research objective, the author combines three disciplinary knowledges (education and development, psychology and human science as well as tourism and hospitality). The type of research used is qualitative research. Meanwhile, the method used is triangulation (observation, interview and literature study). Furthermore, 7 speakers consisting of restaurant managers, supervisor, captain, and greeter as well as cashier. In addition, the author synergizes crucial data from three institutions (education, certification and hotel). The results showed that a capable waiter with the ideal character was those who could do the mental switching into a sanguinis-choleric character and had mastered four dimensions of life skills. First, personal skills: self -awareness of work priorities, the importance of improvement and problem solving. Second, social skills: waiters must be assertive but still friendly, and have the ability to listen. Third, intellectual skills: Being able to formulate a framework, provide expert advice and carry out the Banquet Event Orders (BEO) properly. Fourth, vocational skills: mastering the management of dishes, purchasing and storing goods. The IMPR model is the output of this paper that is expected to be duplicated into various fields of work or research in the future.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 0522170057
Uncontrolled Keywords: Kecakapan Hidup; Karakter; Waiter; dan Kinerja, Life Skill; Character; Waiter; and Performance.
Divisions: Program Vokasi > Usaha Wisata
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 24 May 2023 06:27
Last Modified: 24 May 2023 06:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200217
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nurul Hidayat.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item