Sigalingging, Arifin and Inggang Perwangsa Nuralam,, SE., MBA (2022) Analisis Penerapan Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus pada Perumda Pakpak Agro Lestari di Kabupaten Pakpak Bharat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis bagaimana strategi pemasaran yang digunakan pada Perumda PAL dalam meningkatkan volume penjualan produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan kunjungan langsung ke Perumda PAL di Kabupaten Pakpak Bharat lalu kemudian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menganalisis strategi bauran pemasaran (product, price, place, promotion) yang telah digunakan perusahaan. Penelitian ini selain dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif juga menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat), Matrik IFAS, Matrik EFAS dan Matriks IE. Analisis SWOT adalah analisis yang digunakan untuk mengevaluasi peluang dan ancaman di lingkungan eksternal maupun kekuatan dan kelemahan yang dimiliki lingkungan internal perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai skor IFAS 2,80 yang berarti bahwa Perumda PAL memiliki kemampuan yang cukup baik dalam mengelola sumber daya lingkungan internal perusahaan namun belum maksimal dan memiliki nilai EFAS 2,69 menunjukkan kemampuan yang sedang atau moderat dalam mengelola dan menghadapi tekanan dari lingkungan eksternal perusahaan. Posisi Perumda PAL pada diagram analisis SWOT menempati Kuadran 1, yaitu strategi yang sebaiknya diterapkan adalah strategi agresif yang mendukung pertumbuhan (growth oriented strategy). Strategi yang diharapkan tepat untuk perusahaan ini adalah strategi Strength-Opportunity (SO) yaitu memanfaatkan peluang yang ada dengan mendayagunakan kekuatan yang dimiliki seperti meningkatkan kemampuan pemasaran, inovasi tim dalam pengembangan produk, dan pengelolaan sumber daya potensial.
English Abstract
This research aims to find out and analyze how the marketing strategy used at Perumda PAL increases sales volume product. Technique data collection was carried out by making direct visits to Perumda PAL in Pakpak Bharat Regency and then using observation, interview and documentation techniques by analyzing the marketing mix strategy (product, price, place, promotion) that has been used by the company. Apart from being analyzed using descriptive qualitative research, this study also used SWOT analysis (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), IFAS Matrix, EFAS Matrix and IE Matrix. SWOT analysis is an analysis used to evaluate opportunities and threats in the external environment as well as the strengths and weaknesses of the company's internal environment. The results of this study indicate an IFAS score of 2.80 which means that Perumda PAL has a fairly good ability to manage the company's internal environmental resources but is not maximized and has an EFAS value of 2.69 indicating moderate ability to manage and deal with pressure from the company's external environment.The position of Perumda PAL in the SWOT analysis diagram occupies Quadrant 1, namely the strategy that should be applied is an aggressive strategy that supports growth (growth oriented strategy). The strategy that is expected to be right for this company is the Strength-Opportunity (SO) strategy, namely taking advantage of existing opportunities by leveraging existing strengths such as increasing marketing capabilities, team innovation in product development, and managing potential resources.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0522030187 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Pemasaran, Strategi Pemasaran, Volume Penjualan, Analisis SWOT .- Strategy, Marketing, Marketing Strategy, Sales Volume,SWOT Analysis |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 24 May 2023 03:04 |
Last Modified: | 24 May 2023 03:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200183 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Arifin Saur Liman Sigalingging.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |