Reinara, Laysa and Kristanto Adi Nugroho, S.T., M.T and Wuri Cahya Handaru, S.ST., M.Ds (2022) Perancangan Ui/Ux Aplikasi “Ruang Murid” Sebagai Sarana Pembelajaran Siswa Smk Menggunakan Metode Design Thinking. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui rancangan UI/UX Aplikasi Ruang Murid dengan metode Design Thinking. Hal ini dikarenakan pembelajaran menggunakan mobile apps dirasa lebih mudah diterapkan karena lebih hemat biaya. Selain itu kemudahan akses dimanapun, kapanpun, dan siapapun menjadi nilai tambah yang ditawarkan oleh pembelajaran menggunakan media smartphone. Sehingga hal ini menjadi sebuah inovasi bagi peneliti untuk membantu pembelajaran secara jarak jauh dengan merancang purwarupa mobile apps sebagai media pembelajaran menjadi nuansa baru bagi dunia pendidikan, karena dengan menggunakan mobile apps siswa dapat menjadi lebih kritis dalam melakukan eksplorasi ide dan gagasan dalam memahami materi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis secara kualitatif disertai dengan metode perancangan design thinking yang umumnya merupakan suatu metode penalaran yang lengkap dan berpusat untuk merancang penyelesaian dengan tahapan emphatize, define, ideate, prototype dan test.Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui rancangan aplikasi Ruang Murid untuk membantuk pembelajaran siswa-siswi secara jarak jauh.
English Abstract
This study aims to determine the UI/UX design of the Student Room Application using the Design Thinking method. This is because learning using mobile apps is easier to implement because it is more cost-effective. Besides that, the ease of access anywhere, anytime, and anyone is an added value offered by learning using smartphone media. So this is an innovation for researchers to help distance learning by designing prototypes of mobile apps as learning media into a new nuance for the world of education, because by using mobile apps students can become more critical in exploring ideas and ideas in understanding learning material. The research method used is a qualitative analysis method accompanied by a design thinking method which is generally a complete and centered reasoning method for designing solutions with the stages of empathize, define, ideate, prototype and test. The purpose of this thesis is to find out the design of the Student Room application. to help students learn remotely.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 0522170040 |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi, Edukasi, Design Thinking, Remaja, Application, Education, Design Thinking, Adolescents. |
Divisions: | Program Vokasi > Mitek |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 24 May 2023 02:33 |
Last Modified: | 24 May 2023 02:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200161 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Laysa Reinara.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |