Analisis Pengembangan Inovasi Layanan Publik Pada Perpustakaan Umum Daerah (Studi Pada Perpustakaan Daerah Tanah Laut)

Hidayatullah, Annas and Dr. Drs. Muhammad Shobaruddin,, MA. and Muhammad Rosyihan Hendrawan,, S.IP., M.Hum. (2023) Analisis Pengembangan Inovasi Layanan Publik Pada Perpustakaan Umum Daerah (Studi Pada Perpustakaan Daerah Tanah Laut). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inovasi dalam pelayanan publik seperti inovasi produk, layanan, kegiatan dan sistem pelayanan diperlukan kehadirannya dalam rangka meningkatkan kualitas layanan. Situs penelitian ini adalah Perpustakaan Daerah (Perpusda) Tanah Laut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis implementasi inovasi layanan publik serta faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi inovasi layanan publik di Perpustakaan Daerah Tanah Laut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat empat implementasi inovasi layanan publik di Perpustakaan Daerah Tanah Laut yaitu (1) Inovasi layanan sistem online melalui WhatsApp, (2) Inovasi layanan baca buku sambil ngopi, (3) Inovasi program pelatihan dan layanan kelas pengembangan diri, (4) Inovasi layanan literatour. Peningkatan layanan yang dapat dilakukan oleh Perpustakaan Daerah Tanah Laut adalah (1) Peningkatan layanan digital melalui website, (2) Pengadaan layanan ruang belajar umum dengan konsep learning commons, (3) Pengadaan layanan ruang co-working space, (4) Penambahan layanan pengembangan bakat dan layanan tanya pustakawan. Perpustakaan Daerah Tanah Laut memiliki tiga faktor pendukung implementasi inovasi layanan publik di perpustakaan yaitu komitmen tinggi pegawai, sarana prasarana yang mendukung, dan partisipasi yang tinggi dari masyarakat. Faktor penghambat dalam peningkatan layanan publik di Perpustakaan Daerah Tanah Laut adalah dari segi pendanaan atau anggaran.

English Abstract

Innovations in public services such as product innovation, services, activities and service systems are needed in order to improve public service quality. This research site is the Tanah Laut Regional Library (Perpusda). This research aims to analyze the implementation of public service innovation and the supporting and resisting factors in its implementation at the Tanah Laut Regional Library. This research was qualitative and used a case study approach. The result shows there were four implementation innovations in public service in Perpusda Tanah Laut, which are: (1) innovation of online service through WhatsApp; (2) innovation of "Baca Buku Sambil Ngopi" services; (3) innovation of training programs and self- development class services; and (4) innovation of “Literatour” service. The improvement of services that can be done by the Tanah Laut Regional Library is (1) Improvement of digital services through the website, (2) Procurement of general learning room services with the concept of learning commons, (3) Procurement of co-working space services, (4) Addition of talent development services and librarian questioning services. The Tanah Laut Regional Library has three factors supporting the implementation of public service innovation in the library, namely the high commitment of employees, supporting infrastructure, and high participation from public. The inhibiting factor in improving public services in the Tanah Laut Regional Library is in terms of funding or budget.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523030003
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Inovasi Sektor Publik, Perpustakaan, Implementasi Layanan, Pengembangan Perpustakaan. .- Public Services, Public Sector Innovation, Library, Service Implementation, Library Development.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 May 2023 01:29
Last Modified: 24 May 2023 01:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200128
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annas Hidayatullah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item