Implementasi Kontrak Bisnis Lintas Negara Sebagai Media Ekspor Komodifikasi K-Pop oleh Perusahaan Agensi Hiburan (Studi Kasus pada SM Entertainment di Pasar Asia)

Saraswati, Alifia and Yusri Abdillah,, S.Sos., M.Si., Ph.D. and Cacik Rut Damayanti,, S.Sos., M.Prof.Acc., DBA. (2023) Implementasi Kontrak Bisnis Lintas Negara Sebagai Media Ekspor Komodifikasi K-Pop oleh Perusahaan Agensi Hiburan (Studi Kasus pada SM Entertainment di Pasar Asia). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Eskpor produk komodifikasi produk budaya yang disebut sebagai K-Pop telah berhasil menjadi fenomena global. Dalam mengukur keberhasilan ekspor produk budaya, tidak bisa menggunakan framework yang umum, sehingga penelitian ini menggunakan Cultural Technology Framework, untuk mengukur salah satu dimensi dari framework ini yang disebut dengan joint ventures in local market. Joint ventures yang terbentuk dari kerjasama antara kedua belah pihak yang berada di yuridiksi yang berbeda, membutuhkan kontrak bisnis lintas negara yang sesuai dengan kondisi di negara tersebut. Dalam penelitian tesis ini, dilakukan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, karena penelitian ini terfokus untuk meneliti keberhasilan SM Entertainment dalam melakukan ekspor produk budaya K-Pop dari awal kemunculannya hingga di tahun 2022. Metode analisis data menggunakan metode analisis alur, untuk menganalisis dimensi-dimensi yang ada dengan framework yang digunakan oleh praktisi bisnis untuk menganalisis strategi ke pasar asing. Hasil penelitian ini menunjukkan ekspor produk budaya dalam dimensi Cultural Technology Framework disesuaikan dengan konsumsi produk budaya K- Pop oleh masyarakat di lima negara di pasar Asia yang dituju oleh SM Entertainment, yaitu Jepang, Tiongkok, Thailand, Indonesia dan Vietnam. Hasil penelitian ini juga mengindikasikan bahwa kelima negara ini dianggap sebagai pasar potensial walaupun memiliki entry barrier yang cukup sulit dihadapi sesuai dengan CAGE Distance Framework. Implementasi kontrak bisnis lintas negara antara SM Entertainment yang berasal dari Korea Selatan dengan kelima negara ini menghasilkan mode of entry yang kemudian disesuaikan dengan fungsi dari institusi yang akan dibentuk, yaitu joint venture di negara-negara tersebut.

English Abstract

The exportation of commodification called K-Pop has become a global phenomenon. The measurement of the exportation, could not be analyzed with general framework, therefore this research is using an alternative technique called Cultural Technology Framework, and to measure one of the dimensions from them, is called joint ventures in local market. Joint ventures are formed by the collaboration between two parties in different jurisdictions, means this collaboration need a legalization such as the business contracts. In this research, a qualitative approach with case study method is used, because this research is focused on SM Entertainment and their strategy to export the commodification since the beginning of the K-Pop era, until the recent time. This research is using alternative frameworks to analyze the dimensions within the used framework by practitioner to analyze the business strategy toward global market. This research is indicating that the exportation of commodification based on cultural technology framework is adjusted with the consumption of people in five target markets by SM Entertainment, Japan, China, Thailand, Indonesia and Vietnam. This research is also indicating that these five countries are considered as potential market even though the entry barrier they faced are considered difficult based on CAGE Distance Framework. The implementation of cross- country business contract between SM Entertainment from South Korea towards the Japan, China, Thailand, Indonesia and Vietnam local company are having different results and adjusted by the function of the formed institutions in those countries

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423030003
Uncontrolled Keywords: Ekspor Komodifikasi K-Pop; Entry Barrier di Pasar Asia; Kontrak Bisnis Lintas Negara. .- K-Pop’s Commodification; Asian Market’s Entry Barrier; Cross- Country Business Contracts.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 May 2023 06:12
Last Modified: 23 May 2023 06:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200103
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alifia Saraswati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item