Faktor-Faktor Ketidaksesuaian Antara Hasil JLPT Dengan Kartu Hasil Studi

Nadhiva, Yula and Febi Ariani Saragih, S.Pd., M.Pd. (2020) Faktor-Faktor Ketidaksesuaian Antara Hasil JLPT Dengan Kartu Hasil Studi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang, Universitas Brawijaya, angkatan 2016 yang hingga sampai semester 8 belum lulus N4. Mahasiswa seharusnya dapat lulus N4 dengan mudah, karena mengingat materi N4 adalah materi basic. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan ketidaksesuaian antara hasil JLPT N4 dengan KHS. Metode penelitian yang digunakan di penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer (mahasiswa dan dosen) dan sekunder (dokumen dari hasil JLPT N4 serta KHS). Pengumpulan data yang digunakan berupa angket semi terbuka dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan ketidaksesuain antara hasil JLPT dengan KHS berasal dari mahasiswa dan dosen. Faktor yang berasal dari mahasiswa meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang paling mempengaruhi kurangnya minat mahasiswa terhadap bahasa Jepang, ketidaksiapan saat menghadapi tes, cemas saat mengerjakan tes, mahasiswa tidak menunjukkan sikap atau ciri motivasi saat mengerjakan tes. Sedangkan faktor eksternal yang paling mempengaruhi adalah waktu tes yang disediakan kurang, bentuk soal yang digunakan, pengawasan tes yang ketat, dan tingkat kesulitan tes yang diujikan. Faktor yang berasal dari dosen yaitu karena adanya kesubjektifan dalam penilaian, kualitas soal yang digunakan serta dalam pelaksanaan penilaian masih terdapat kecurangan, dan masih terdapat beberapa faktor lain yang turut dipertimbangkan dalam pemberian nilai akhir.

Other obstract

8学期まで JLPT N4 に合格しなかった日本語教育学科、ブラウィジャヤ大学、 2016の学生がいるため、この研究行います。N4 なので、の教材は初級なので、 学生は N4 を簡単に合格するはずです。本研究は、JLPT と KHS の結果の不一致を 引き起こす要因を見つけることを目的としています。本研究において使用される研究 方法は、記述的かつ定性的で、ケーススタディの研究デザインを用いた方法である。使 用されるデータソースはプライマリーデータソース(学生を講師)とセカンダリデータソース (JLPT の結果と KHS)です。データ収集手法は、セミオープンアンケートとドキュメント を使用しています。 この研究の結果は、JLPT と KHS の不一致を引き起こす要因は学生と講師か ら来ていると結論付けます。学生ない的要因は 1)日本語に興味がない、2)テストの準 備ができていません、3)テストに取り組むときの不安です、4)モチベーションの特徴を示 さない。一方、学生の外的要因は、1)テスト時間の短縮、2)様々なテスト形式、3)テ スト監督者は非常にげんかくです、4)およびてすと質問のがいとです。講師から要因は、 評価における主観の存在、使用される質問の形式と質、評価が行われたときに不正 行為をしている学生がいます、および評価で考慮されるその他の要因です

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120255
Uncontrolled Keywords: Faktor, Ketidaksesuaian, JLPT, KHS (Kartu Hasil Studi), 要因、不一致、JLPT、KHS
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.601 45 Japanese (Pragmatics)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 May 2023 02:36
Last Modified: 25 Sep 2024 08:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200055
[thumbnail of fix-Yula Nadhiva.pdf] Text
fix-Yula Nadhiva.pdf

Download (9MB)

Actions (login required)

View Item View Item