Citra Afeksi Aktivitas Manusia Purba Pithecanthropus Erectus dalam Karya Seni Grafis Cetak Tinggi

Kadarwati, Wresthi and A. Syarifuddin Rohman, M.Pd. (2020) Citra Afeksi Aktivitas Manusia Purba Pithecanthropus Erectus dalam Karya Seni Grafis Cetak Tinggi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak pernah bisa lepas dari manusia lain. Secara alamiah manusia membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. untuk menghubungkan manusia dengan manusia lainnya dibutuhkan komunikasi, akan tetapi seiring perkembangan zaman berbasis teknologi yang semakin berekspansi diberbagai bidang, sangat menarik bahwa teknologi dapat medekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Semakin canggihnya teknologi ini membuat manusia modern semakin kehilangan kontak emosi (afeksi) di dunia nyata, karena hubungan mereka hanya sebatas lewat dunia maya. Berbeda dengan manusia pada zaman purba zaman danulu dengan kesederhaan teknologi justru membuat hubungan diantara mereka semakin intens. Fenomena sosial yang seperti ini akan dijadikan ide karya tugas akhir penciptaan penulis. Citra aktivitas manusia purba akan digambarkan ulang dengan menukar visualnya menjadi manusia modern yang sedang malakukan aktivitas manusia purba dan begitu sebaliknya. Proses penciptaan karya seni tidak pernah lepas dari cara atau langkah untuk menghasilkan sebuah karya. Metode proses kreatif milik Alma Hawkins yang memiliki 3 tahapan yaitu eksplorasi, eksperimen, dan forming dipilih penulis untuk dijadikan metode proses kreatif. Eksplorasi merupakan proses penetepan tema, ide, dan judul karya yang akan dijadikan landasan ide penciptaan. Eksperimen merupakan proses memilih, membedakan, mempertimbangkan, dan menciptakan harmonisasi dalam kesatuan (trial and error). Dan metode yang terakhir adalah forming atau pembentukan yaitu proses menentukan bentuk ciptaan dengan menggabungkan simbol-simbol menjadi sebuah kesatuan yang bernilai seni, memaparkan tentang bahan, alat, teknik, dan tahap pembuatan karya sesuai dengan ide dan tema yang telah ditentukan pada tahap eksplorasi. Hasil penciptaan karya seni sebagai tugas akhir berjumlah 7 karya dua dimensi berupa karya seni grafis cetak tinggi dengan teknik handcoloring. Tema yang diangkat adalah tema fenomena sosial dimana penulis membandingkan antara kehidupan manusia modern dengan manusia purba pada masa lampau, dengan bentuk interaksi yang berbeda. Penulis menyadari bahwa dengan adanya karya penciptaan ini lantas tidak langsung membuat perspektif yang sama, akan tetapi penulis berharap karya seni grafis ini dapat memberikan inspirasi pada masyarakat untuk lebih menjaga interaksi sosial antar sesama masyarakat sekitar.

English Abstract

As social beings, humans can never be separated from other humans. Naturally, humans need one another. To connect humans with other humans, communication is needed, but along with the development of technology-based times that are increasingly expanding in various fields, it is very interesting that technology can bring distant and distant things closer. The more sophisticated this technology makes modern humans increasingly lose emotional contact (affection) in the real world, because their relationship is limited to the virtual world. Unlike humans in ancient times and earlier, with the simplicity of technology, it actually made the relationship between them even more intense. Social phenomena like this will be used as the final project idea for the author's creation. The image of early human activities will be redrawn by changing their visuals into modern humans who are doing ancient human activities and vice versa. The process of creating works of art is never separated from the ways or steps to produce a work. Alma Hawkins' creative process method which has 3 stages, namely exploration, experimentation, and forming, was chosen by the author to be used as a creative process method. Exploration is the process of determining the theme, idea and title of the work that will be used as the basis for the idea of creation. Experimentation is a process of selecting, differentiating, considering, and creating harmonization in unity (trial and error). And the last method is forming, which is the process of determining the form of creation by combining symbols into a unit of artistic value, describing the materials, tools, techniques, and stages of making works in accordance with the ideas and themes that have been determined at the exploration stage. The result of the creation of artwork as a final project consists of 7 two- dimensional works in the form of high print graphic art with handcoloring techniques. The theme raised is the theme of social phenomena where the authors compare modern human life with ancient humans in the past, with different forms of interaction. The author realizes that this creation does not immediately create the same perspective, but the author hopes that this graphic art work can inspire people to better maintain social interactions among fellow local communities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120252
Uncontrolled Keywords: citra, afeksi, aktivitas, manusia purba., image, activities, primordial man, fine arts, affection
Subjects: 700 The Arts > 700 The arts
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Seni Rupa Murni
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 May 2023 01:48
Last Modified: 08 Oct 2024 06:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200026
[thumbnail of WRESTHI KADARWATI.pdf] Text
WRESTHI KADARWATI.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item