Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Perundungan Drama 身为一个胖子Shēn Wéi Yīgè Pàngzi

Nisaa’, Wardah Hayatun and Nurila Shanti Octavia, MTCSOL. (2022) Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Perundungan Drama 身为一个胖子Shēn Wéi Yīgè Pàngzi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perundungan merupakan salah satu fenomena sosial yang sedang marak terjadi di era saat ini. Perundungan yang terjadi pada masa kini dapat dijadikan sebuah acuan untuk menganalisis fenomena perundungan ke dalam sebuah drama. Drama merupakan salah satu karya sastra yang dapat memengaruhi perilaku bagi penontonnya. Drama 身为一个胖子Shēn Wéi Yīgè Pàngzi adalah salah satu drama yang mengusung tema tentang perundungan yang dialami oleh tokoh-tokohnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori analisis semiotika Roland Barthes. Drama身为一个胖子Shēn Wéi Yīgè Pàngzi digunakan sebagai data penelitian. Dari penelitian ini dapat diketahui bentuk perundungan yang ada pada drama drama身为一个胖子Shēn Wéi Yīgè Pàngzi adalah perundungan verbal, perundungan fisik, perundungan relasional dan perundungan cyber.

Other obstract

欺凌是当今时代普遍存在的一种社会现象。 今天发生的欺凌,可以作为分析剧中欺凌现象电视剧的。电视剧是文学作品之一,可以影响看客的行为。《身为一个胖子》是其中电视剧以剧中人物所经历的欺凌为主题。本研究采用定性描述的方法,运用Roland Barthes的符号学分析理论。《身为一个胖子》的电视剧为研究资料。从这项研究可以知道,电视剧《身为一个胖子》中存在的欺凌形式有言语欺凌、身体欺凌、集体欺凌和网络欺凌。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522120387
Uncontrolled Keywords: analisis, perundungan, drama, semiotika, 分析,欺凌,电视剧,符号学
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.1 Chinese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 May 2023 07:21
Last Modified: 22 May 2023 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/200015
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
WARDAH HAYATUN NISAA`.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item