Pengembangan Media Pembelajaran Kata Kerja Minna No Nihongo 1 Berbasis Aplikasi Android

Vadilah, Triyo and Ulfah Sutiyarti, S.Pd. M.Pd (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Kata Kerja Minna No Nihongo 1 Berbasis Aplikasi Android. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang banyak dipelajari di dunia. Alasan dari seseorang belajar bahasa Jepang adalah tertariknya dengan budaya, sejarah, seni dan tertarik dengan bahasa Jepang sendiri. Dan seiring dengan peningkatan jumlah pelajar bahasa Jepang yang semakin pesat, dapat dilihat bahwa masalah mengenai bahan mengajar dan metode mengajar menjadi masalah serius. Kemajuan teknologi terutama andorid sangat membantu masyarakat Indonesia karena sangat membantu keseharian. Dengan memanfaatkan Andorid sebagai media pembelajaran pembelajar bahasa Jepang dengan menginstal aplikasi pembelajaran bahasa Jepang. Dalam pengajaran bahasa asing salah satu yang dikuasai adalah kosakata karena merupakan komponen penting untuk berkomunikasi. Dengan mengankat Bahasa Jepang sebagai media yang bertujuan untuk memudahkan pelajar mempelajari kosakata kata kerja sebagai langkah awal. Pada penelitian ini, dikembangkan sebuah media pembelajaran berbasis aplikasi android dengan tujuan dapat membantu pelajar Bahasa Jepang, terutama dalam menghafalkan kata kerja pada buku Minna No Nihongo 1. Penelitian dengan metode Research and Development (R&D) ini dengan menggunakan model Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation (ADDIE). Dikembangkan dengan aplikasi sketchware untuk membuat media pembelajaran. Hasil Penelitian ini akan menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis aplikasi android yang berisi kata kerja Minna No Nihongo 1 sebagai alat bantu belajar mandiri pelajar Bahasa Jepang dalam mempelajari kata kerja.

Other obstract

日本語は、世界でもっとも研究されている外国語の一つ。日本語の学ぶ理由は、文化や歴史や芸術など興味にあり日本語そのものに興味がるからです。また、日本語学習者がだんだん増えているから、教材や教授法の問題になっていることをみえて分かります。 テクノロジーの進化、特にアンドロイドは、インドネシアの人々の生活をたすけされているからです。アンドロイドを日本語学習アプリをインストールすることにより、日本語学習者を学習するためのメディアとして利用することです。外国語教える際、語彙はコミュニケーションの重要な要素であるため習得されます。学生が最初のステップとして動詞のごいを学び安くすることを目的としたメディアとして日本語を使用することです。 この研究では、日本語学習者が動詞を簡単に覚えるように、アンドロイドアプリの学習メディアを開発する。研究開発には Research and Development (R&D)手法を使用し、さらに Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation (ADDIE)モデルをしようする。 この研究の成果によって、家での自習練習として、また刺激的な学習補助として動詞 MinnaNoNihongo 1 を含むアンドロイドアプリに基づく学習メディアを作成したい。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120248
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kata kerja, Aplikasi Android, Skecthware ,学習メディア、動詞、アンドロイドアプり、sketchware
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.601 45 Japanese (Pragmatics)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 May 2023 03:43
Last Modified: 22 May 2023 03:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199994
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Triyo Vadilah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item