Alienation Depicted In Haruki Murakami’s Men Without Women

Setyowati, Titik and Rizki Nufiarni, S.S., M.A. (2021) Alienation Depicted In Haruki Murakami’s Men Without Women. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keterasingan lazim ditemukan dalam masyarakat saat ini dan telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Hal tersebut telah dialami oleh banyak orang dari generasi ke generasi. Seseorang yang mengalami keterasingan kemungkinan besar akan terpisah dari masyarakat. Dalam sastra terdapat banyak karya yang mengusung tema keterasingan. Salah satunya adalah sebuah kumpulan cerpen berjudul Men Without Women karangan Haruki Murakami. Buku ini menggambarkan kehidupan seorang pria yang kehilangan wanitanya karena kematian atau karena pria lain. Penelitian ini menggunakan Men Without Women sebagai objek material untuk menganalisis jenis keterasingan yang dialami tokoh utama dalam setiap cerpen dan perubahan perilaku yang mereka alami selama prosesnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sosial sebagai cara untuk melihat dan menganalisis data yang ditemukan. Selanjutnya, teori keterasingan dari Melvin Seeman digunakan sebagai teori utama dalam melakukan analisis data. Sesuai dengan teori Seeman, keterasingan yang dialami karakter utama dalam setiap cerita kemudian dikategorikan kedalam lima jenis. Jenis jenis tersebut yaitu: powerlessness, meaninglessness, normlessness, isolation, dan sel-estrangement. Data yang digunakan di dalam penelitian ini sebagian besar diambil dari narasi dan dialog antar tokoh untuk melihat perilaku para tokoh di dalam buku tersebut. Di dalam penelitian ini ditemukan bahwa semua karakter utama di dalam Men Without Women mengalami berbagai jenis keterasingan menurut teori Seeman. Akan tetapi, jenis yang paling banyak muncul adalah meaninglessness dan self- estrangement. Keterasingan yang dialami oleh karakter karakter tersebut terpicu oleh ketiadaan dan kehadiran wanita di hidup mereka. Sebagai akibat dari keterasingannya, karakter karakter tersebut mengalami perubahan perilaku. Dalam banyak kasus, para karakter utama yang mengalami alienation juga mengalami kesepian. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk melihat rasa kesepian yang dialami para karakter tersebut sebagai akibat dari keterasingan yang mereka alami.

English Abstract

Alienation is commonly found in nowadays society and has become a part of human existence. It is experienced by many people for generations. An individual who experiences alienation would likely to be separated from the society. In literature, there are many literary works that brings the theme of alienation. One of them is a collection of short stories entitled Men Without Women written by Haruki Murakami. This book shows the life of a man who lost their women because of death or to other men. This study used Men Without Women as the material object to analyze the type of alienation experienced by the main characters in each short story and the behavioral changes that they experiences during the process. This study used social psychological approach to literature as the perspective to analyze the data. Furthermore, Alienation theory from Melvin Seeman is used as the main theory in conducting the study. The alienation that is experienced by the main characters is categorized into five modes according to Seeman‟s theory. The modes are: powerlessness, meaninglessness, normlessness, isolation, and self- estrangement. The data are mainly taken from the narrations and dialogues between the characters to see the characters‟ behaviors. The result of the research shows that the main characters in each short story experienced various alienation. All of Seeman‟s modes of alienation can be found throughout the seven stories. However, the modes that appear frequently are meaninglessness and self-estrangement. The alienation experienced by these characters is triggered by the absence and presence of women in their life. As result of the alienation these characters experience behavioral changes. In most of the stories, along with the alienation that they experienced, the main characters also experienced loneliness. Therefore, the next researcher is suggested to focus on the loneliness that these characters experienced as a result of the alienation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120247
Uncontrolled Keywords: keterasingan, perubahan perilaku,ketiadaan dan kehadiran wanita, alienation, behavioral changes, absence and presence of women
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 May 2023 03:37
Last Modified: 22 May 2023 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199992
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Titik Setyowati.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item