Indrasari, Tita Okti and Febi Ariani Saragih, M.Pd (2020) Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Pola Kalimat Bahasa Jepang Siswa Kelas XI IBBu SMA Negeri 2 Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menguasai pola kalimat bahasa Jepang dengan menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning dan juga untuk mengetahui kesesuaian antara kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan langkah dari metode Discovery Learning. Berdasarkan pengalaman dari guru mata pelajaran bahasa Jepang kelas XI IBBu di SMA 2 Negeri Batu, banyak masalah dari siswa saat pembelajaran di kelas. Khususnya dalam memahami dan menggunakan pola kalimat bahasa Jepang. Banyak siswa yang mendapatkan nilai tidak tuntas pada saat mengerjakan soal dan tugas tentang pola kalimat yang diberikan oleh guru. Maka dari itu, guru bersama peneliti melaksanakan penelitian kolaborasi dalam PTK. Pada penelitian ini guru tetap melaksanakan kegiatan mengajar seperti biasa dengan berbantukan media dan perangkat pembelajaran yang sudah disiapkan oleh guru bersama peneliti. Penelitian ini menggunakan metode campuran kualitatif dan kuantitatif dengan menganalisis hasil observasi dan hasil belajar. Bersifat kolaboratif antara guru dengan peneliti dan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Discovery Learning berhasil meningkatkan hasil belajar siswa yang didapatkan melalui hasil tes pada masing masing siklus. Pada Post-test I sebesar 64% siswa mendapatkan nilai tuntas dan pada post-test II sebesar 71% siswa mendapatkan nilai tuntas. Pada post-test I nilai rata-rata yang didapatkan oleh siswa sebesar 80,17 kemudian mengalami peningkatan di Post-test II rata-rata nilai menjadi 83. Perolehan persentase kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru pada siklus I dan siklus II sama-sama berada pada angka 100%.
Other obstract
この研究の目的は、発見学習メソッドで日本語の文型を習得する上で、 学習成果を向上させます。またこの研究は、教師が発見学習方法のステップで 実行する学習活動の適合性を判断することです。SMA Negeri 2 Batu の XI IBBu クラスで日本語先生の経験に基づくと、クラスで学んだ際の学生から多く問題がありました。特に日本語の文型を理解して使用する時です。たくさん学生が先生から与えられた文型についてテストや課題を取るときに不完全な点数を 取得しました。そのため、先生と研究者は教室アクションリサーチで共同研究を行いました。先生は、以前に教師と研究者によって準備されたメディアと学習ツール の助けを借り、いつものように教えています。 この研究には、観察結果と学習結果を分析することにより、定性的と定量的な方法を使用します。研究が先生と研究者を共同して、教室でのアクションリ サーチデザインを使用しています。この研究で使用された研究用器には、テスト 用器と非テスト用器が含まれています。 結果は、発見学習法の適用が、各サイクルのテストスコアから得られた学習結果を改善することに成功したことを示しました。ポストテスト 1 では、64%の 学生が完全な点数を取得し、ポストテスト 2 では、71%の学生が完全な点数を 取得しました。ポストテスト 1 では、学生が取得した平均点数は 80.17 点でしたが、ポストテスト 2 では 83 点に増加しました。 サイクル 1 とサイクル 2 で、先生が実施した学習活動の割合はどちらも 100%です。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520120246 |
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar , 発見学習、教室アクションリサーチ、学習成果 |
Subjects: | 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.601 45 Japanese (Pragmatics) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 22 May 2023 03:32 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199991 |
![]() |
Text
Tita Okti Indrasari.pdf Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |