Implementasi E-Learning Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada studi kasus di SMAN 5 Malang

Triwisuda, Tenita and Ulfah Sutiyarti, S.Pd.,M.Pd (2020) Implementasi E-Learning Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada studi kasus di SMAN 5 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti implementasi berupa E-Learning dalam proses pembelajaran daring studi kasus pada siswa kelas XI di SMAN 5 Malang dengan metode pembelajaran kualitatif. E-learning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik yang mendukung pengembangan kegiatan belajar mengajar dengan media internet atau media jaringan komputer lainnya. Pengumpulan data dilakukan dengan interview atau wawancara kepada siswa menggunakan voice note pada aplikasi whatsapp. Kajian teori yaitu perbandingan antara synchronous dan ansynchronus menurut Rosen (2009, hal 61) mempunyai keuntungan dan juga kerugian. Pada synchronous dapat memberikan komunikasi dua arah antara guru dan siswa yang sangat penting bagi pelatihan ,evaluasi dan refleksi. Sehingga dapat menyesuaikan waktu serta hemat biaya atas pembelajaran karena waktu fleksibel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis data primer deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket wawancara. Dengan pengambilan data berdasarkan pada subjek yaitu siswa kelas XI dengan pembelajaran Bahasa Jepang dan mahasiswa P4 yang telah mengajar di SMAN 5 Malang. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media atau aplikasi e-learning yaitu seperti zoom, google classroom, video pembelajaran berup youtube dan materi melalui pembelajaran digital e-book siswa dapat belajar dimanapun dan kapanpun meskipun masih kurangnya pemahaman materi Bahasa Jepang yang dibutuhkan.

Other obstract

本研究は定性的な学習法を使用し、オンライン学習プロセスにおける E‐ラーニングの適用、日本語科目に関する 2 年生の学生のケーススタディを調査することを目的にする。E‐ラーニングはインターネットやコンピュータネットワークメディアなどを使用した教育および学習活動の開発をサポーターする電子アプリケーションを使用する教育システム。研究のデータは whatsapp ボイスノートアプリを使用した学生へのインタビューによる収集する。 理論研究、すなわちローゼン(2009、p。61)による同期と非同期の比較には、長所と短所があります。同期して、教師と学生の間の双方向のコミュニケーショ ンを提供できます。これは、トレーニング、評価、および振り返りにとって非常 に重要です。時間は柔軟なので、時間を調整して学習コストを節約できます。 この研究で使用された方法は、記述的な一次データタイプで定性的です。この研究のデータ収集手法は、インタビュー質問票でした。主題に基づいたデータ収集、すなわち、日本語を学ぶクラスXI の学生と、SMAN5 マランで教えたP4 の学生。 調査の結果、ズーム、グーグル教室、YouTube 形式のビデオの学習、デジタル電子書籍学習による資料などのメディアまたはe ラーニングアプリケーションを使用して行われた学習では、必要な日本語資料の理解がまだ不足している場合でも、学生はいつでもどこでも学習できると結論付けることができます。。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120245
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Daring, Bahasa Jepang, E‐ラーニング、オンライン、日本語
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.601 45 Japanese (Pragmatics)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 22 May 2023 03:11
Last Modified: 22 May 2023 03:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199973
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Tenita Triwisuda.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item