Penerapan Teknik Experiential Learning Dalam Pembelajaran Sastra Sebagai Strategi Pembangunan Karakter Moral Siswa SMP

Utomo, Sri and Putri Kumala Dewi, M.Pd. (2021) Penerapan Teknik Experiential Learning Dalam Pembelajaran Sastra Sebagai Strategi Pembangunan Karakter Moral Siswa SMP. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Generasi penerus bangsa menghadapi tantangan yang berat khususnya bagi pendidikan karakter moral di Indonesia. Berbagai peristiwa yang muncul di masyarakat dapat disaksikan melalui siaran televisi, misalnya tawuran, korupsi, pencurian, kejahatan seksual, dan pembunuhan membawa dampak serius bagi masa depan anak-anak bangsa. Persoalan ini muncul karena lunturnya nilai karakter moral. Oleh karena itu, pendidik perlu membimbing dan memberikan contoh- contoh yang baik untuk peserta didik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk membangun karakter moral peserta didik kelas VIII C di SMP Negeri 4 Batu dengan menerapkan teknik experiential learning dalam pembelajaran sastra. Pembelajaran sastra yang digunakan berupa teks fiksi dan nonfiksi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan berasal dari pendidik Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VIII C. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan pengamatan, triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi pemeriksaan teman sejawat. Hasilnya penerapan teknik experiential learning menggunakan pembelajaran sastra pada kompetensi dasar menyajikan tanggapan terhadap buku fiksi dan nonfiksi yang dibaca secara lisan atau tertulis berhasil dilakukan di kelas VIII C dengan 25 peserta didik tuntas dan 7 peserta didik tidak tuntas. Peserta didik menjadi lebih aktif dan termotivasi ketika mengikuti pembelajaran, namun penanaman karakter moral yang diterima oleh peserta didik baru aspek afektif belum sampai pada aspek psikomotorik. Jadi, peserta didik kelas VIII C sudah mampu menyajikan tanggapan buku fiksi dan nonfiksi dengan mendapat nilai yang baik, tetapi karakter moral yang dapat diambil oleh peserta didik baru bersifat perasaan, semangat, minat, dan sikap terhadap sesuatu hal. Untuk peneliti selanjutnya dalam menanamkan karakter moral peserta didik di SMP dapat menggunakan teknik pembelajaran yang dapat menumbuhkan aspek psikomotorik.

English Abstract

The nation's future generations face tough challenges, especially for moral character education in Indonesia. Various events that appear in society can be watched through television broadcasts, for example brawls, corruption, theft, sexual crimes, and killings that have a serious impact on the future of the nation's children. This problem arises because of the fading of moral character values. Therefore, educators need to guide and provide good examples for students in school. This study aims to build the moral character of class VIII C students at SMP Negeri 4 Batu by applying experiential learning techniques in literature learning. Literature learning used is in the form of fiction and non-fiction texts. This research is a case study research. Sources of data used came from Indonesian language educators and students of class VIII C. Data collection techniques were carried out by observation, interviews, and documentation study. The data validity test used was observation extension, source triangulation, technical triangulation, and peer examination triangulation. The result is the application of experiential learning techniques using literary learning on basic competencies to present responses to fiction and non- fiction books that are read orally or in writing successfully carried out in class VIII C with 25 students complete and 7 students incomplete. Students become more active and motivated when participating in learning, but the cultivation of moral character that is accepted by new students, the affective aspect has not yet reached the psychomotor aspect. So, students of class VIII C have been able to present responses to fiction and non-fiction books with good grades, but the moral characters that can be taken by new students are feelings, enthusiasm, interests, and attitudes towards something. For further researchers, in instilling the moral character of students in junior high schools, they can use learning techniques that can foster psychomotor aspects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120241
Uncontrolled Keywords: penelitian studi kasus, pembangunan karakter moral, pembelajaran sastra, dan teknik experiential learning., case study research, moral character building, literary learning, and experiential learning techniques.
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 22 May 2023 01:24
Last Modified: 23 Sep 2024 08:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199939
[thumbnail of SRI UTOMO.pdf] Text
SRI UTOMO.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item