Identifikasi Titik Kritis Halal dan Analisis Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Batangan Di Kabupaten Kediri

Amelia, Nur Salis and STP., MP., MSc, Dr. Siti Narsito Wulan and STP., MP, Jaya Mahar Maliqan (2023) Identifikasi Titik Kritis Halal dan Analisis Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Batangan Di Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten kediri merupakan salah satu kabupaten berkembang di Jawa Timur dengan populasi muslim mencapai 94 %. Salah satu produk yang sering dijumpai di pasaran adalah cokelat batangan. Konsumsi cokelat di Indonesia masih lebih rendah jika dibandingkan dengan konsumsi cokelat di negara Eropa padahal Indonesia termasuk dalam penghasil biji kokoa terbesar di dunia. Cokelat batangan meskipun berasal dari bahan nabati tetap memiliki titik kritis halal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis titik kritis kehalalan cokelat batangan dan mengetahui pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian cokelat batangan. Terdapat dua metode penelitian yang digunakan yaitu kajian pustaka untuk identifikasi titik kritis halal dan metode analisis Partial Least Square (PLS) untuk analisis pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian cokelat batangan. Titik kritis kehalalan cokelat batangan di Kabupaten Kediri terletak pada bahan tambahan yang digunakan yaitu gula, susu skim dan full cream bubuk, whey bubuk, pengemulsi lesitin kedelai, pengemulsi PGPR, pengemulsi ammonium fosfatidat, pelapis shellac, lemak susu anhidrat, perisa, dan maltitol. Faktor budaya dan pribadi tidak mempengaruhi keputusan pembelian cokelat batangan di Kabupaten Kediri. Sedangkan faktor sosial dan labelisasi halal mempengaruhi keputusan pembelian cokelat batangan.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523100046
Uncontrolled Keywords: Cokelat Batangan, Faktor Yang Mempengaruhi, Keputusan Pembelian, Titik Kritis Halal.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 May 2023 06:32
Last Modified: 19 May 2023 06:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199901
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nur Salis Amelia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item