Syahputra, Reza Kurnia and Hamamah, M.Pd. Ph.D (2021) Language Learning Strategies in E-Learning Used by International Class Students Majoring in English Literature at the Faculty of Cultural Studies in Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Tetapi, dengan adanya pandemic Covid-19 membuat mahasiswa semakin kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris. Mahasiswa membutuhkan strategi pembelajaran khusus agar mampu beradaptasi pada situasi pandemi. Menarik untuk meneliti strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh mahasiswa program internasional di Universitas Brawijaya. Mereka adalah mahasiswa Indonesia yang mengambil program internasional dan kemudian memiliki kewajiban pergi keluar negeri untuk mendapatkan pengalaman akademik internasional melalui program yang bernama Overseas Academic Program (OAP). Sebelum mengikuti OAP, para mahasiswa ini diwajibkan memahami bahasa Inggris pada tingkatan tertentu agar memenuhi syarat untuk mengikuti program akademik di universitas mitra luar negeri. Strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh mahasiswa internasional patut dipelajari untuk melihat bagaimana mahasiswa ini berusaha untuk mencapai tingkat pemahaman yang diperlukan. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh mahasiswa kelas internasional angkatan 2017 dan 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan statistik dalam strategi pembelajaran yang paling sering digunakan. Untuk mendapatkan data, data diperoleh dari kuesioner Strategy Inventory for Language Learning (SILL) versi 7.0 dalam bentuk daring. Dalam menganalisa data, peneliti menggunakan teori dan klasifikasi dari Oxford (1990) karena Oxford (1990) menerapkan model klasifikasi yang lebih komprehensif dari teori strategi pembelajaran bahasa lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kompensasi menjadi strategi yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa kelas internasional angkatan 2017 dengan rata-rata 3.82 sedangkan strategi metakognitif menjadi strategi yang paling sering digunakan oleh mahasiswa kelas internasional angkatan 2018 dengan rata-rata 3.94. Ketika angkatan 2017 sebagai pembelajar bahasa Inggris melakukan kegiatan Overseas Academic Program (OAP), mereka diharuskan berkomunikasi dengan pembicara bahasa Inggris menggunakan bahasa Inggris dan ketika mereka lupa terhadap sebuah kosa kata, mereka menggantinya menggunakan gerak tubuh agar tetap menjaga percakapan tetap berjalan dan mereka mereka akan mencoba menebak apa yang akan dikatakan oleh lawan bicaranya setelah itu. Sementara itu, angkatan 2018 harus mempersiapkan kemampuan bahasa Inggris mereka untuk melakukan Overseas Academic Program (OAP) nanti.
English Abstract
English is known as the most commonly spoken language worldwide. However, the current Covid-19 pandemic makes students even more difficult to learn English. Students need particular language learning strategies to adapt the pandemic situation. It is interesting to investigate the language learning strategies used by the international program students at Universitas Brawijaya. They are Indonesian students who take international program and, therefore, have an obligation to go abroad to gain international academic experience in a program called Overseas Academic Program (OAP). Before joining the OAP, these students must reach certain English proficiency level in order to be eligible in joining academic program at partner university abroad. The language learning strategies employed by the international students is worth studying to see how these students make efforts in reaching the required proficiency level. Thus, this research focused on language learning strategies used by international program students batch of 2017 and 2018. This study used quantitative approach and generate statistics on the most used language learning strategies. For the data collection, data were gained from Strategy Inventory for Language Learning (SILL) questionnaire version 7.0 in the form of online. In analyzing data, the researcher used Oxford's (1990) theory and classification because Oxford (1990) implemented a more comprehensive classification model than other language learning strategies theory. The results of the study showed that the most frequent strategy used by batch of 2017 international class students is compensation strategy with an average 3.82 while metacognitive strategy is the most frequent strategy used by batch of 2018 international class students with an average 3.94. When the class of 2017 as EFL learner conducted the Overseas Academic Program (OAP), they were required to communicate with English speakers using English and when they forgot a vocabulary, they changed it using gestures to keep the conversation going and then tried to guess what the interlocutor would say after that. Meanwhile, the batch of 2018 have to prepare their English proficiency to conduct the Overseas Academic Program (OAP) later on.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520120231 |
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran bahasa, E-learning, mahasiswa internasional , language learning strategies, E-learning, international class students |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 19 May 2023 01:12 |
Last Modified: | 19 May 2023 01:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199846 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
REZA KURNIA SYAHPUTRA.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |