Ferdilya, Ratna Oq and Rike Febriyanti, S. Pd., M. A (2020) Kesalahan Pelafalan Chouon Dalam Kosakata Gairaigo Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2019 Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajar bahasa Jepang sering melakukan kesalahan dalam penulisan chouon pada kosakata gairaigo. Sehingga peneliti bermaksud meneliti dari segi kesalahan pelafalan chouon dalam kosakata gairaigo pada mahasiswa angkatan 2019 Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Brawijaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan pelafalan chouon dalam kosakata gairaigo serta untuk mengetahui penyebab kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian berupa kesalahan pelafalan chouon dalam kosakata gairaigo yang diperoleh dari hasil rekaman dan angket. Rekaman suara dan angket yang dilakukan oleh 34 mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2019 Universitas Brawijaya sebagai Mahasiswa. Selanjutnya, hasil rekaman suara dan angket tersebut dianalisis berdasarkan kesalahan serta penyebab kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan terbanyak yang ditemukan terletak pada sukukata ター dalam kosakata エレベーター (erebeetaa) sebanyak 24 Mahasiswa. Sedangkan, faktor penyebab terjadinya kesalahan dikarenakan logat dari bahasa sebelumnya mempengaruhi saat melafalkan kosakata gairaigo, masih belum terbiasa dengan pelafalan panjang dan pendek, pengucapan kosakata gairaigo bahasa Jepang berbeda dengan aslinya, menentukan intonasi yang tepat saat melafalkan kosakata gairaigo, dan tidak hafal huruf katakana. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kesalahan yang sering terjadi terletak pada pelafalan bunyi panjang pada sukukata yang dibaca pendek dan sukukata bunyi panjang yang terletak pada bagian akhir kosakata gairaigo. Penyebab kesalahan utama adalah kekurangpahaman pembelajar bahasa terhadap bahasa yang dipelajari. Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2019 Universitas Brawijaya.
English Abstract
本論文の背景は日本語学習者が外来語の語彙の長音を書き間違いが多発している。そのため、研究者はブラウィジャヤ大学2019年日本語教育プ ログラムの学習者による外来語語彙の長音の発音誤りに関して研究しようと思っている。本研究では外来語語彙の長音の発音誤り及び該当誤りの原因究明を目的とする。 この研究では質的記述分析という研究法を使用した。調査データソースは音声録音及びアンケートから得られた外来語語彙において長音の発音誤りであった。対象としてブラウィジャヤ大学の2019年日本語教育プログラムの3 4人の学生に音声録音とアンケートを取ってきた。その後、音声録音及びアンケートの結果は発音誤り及び誤りの原因に基づいて分析された。 研究の結果による、誤りは語彙の「エレベーター」の「ター」の音節に多数見られと示し、24人に回答者もあった。一方、誤りの要因は外来語を発音した際に母語アクセントからの影響があり、長い発音や短い発音に未だ慣れていなく、日本語における外来語の発音が元語彙の発音との違い、外来語の語彙 を発音する時に正しいイントネーションを決めことは困難で、カタカナを暗記しなかったものである。 データ分析によると、頻繁に発生した誤りは、外来語語彙の最後にある長音・短音の語彙を発音したと結論付けることができる。誤りが起こった主な要因は学んだ言語に関する言語学習者の理解の欠如で、主にブラウィジャヤ大学の2019年日本語教育プログラムの学生である。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520120227 |
Uncontrolled Keywords: | Kesalahan Berbahasa, Pelafalan Chouon, Kosakata Gairaigo, 言語内エラー、長音の発音、 外来語の語彙 |
Subjects: | 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.601 45 Japanese (Pragmatics) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 17 May 2023 07:20 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 04:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199825 |
![]() |
Text
Ratna Oq Ferdilya.pdf Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |