Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Terhadap Modalitas Toui Nakerebanaranai dan Beki da

Ashar, Ovin Ahmad and Rike Febriyanti, S.Pd. M.Pd (2020) Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Terhadap Modalitas Toui Nakerebanaranai dan Beki da. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam pembelajaran Bahasa Jepang terdapat banyak kosa kata maupun pola kalimat yang memiliki kemiripan dalam penggunaannya. Selain itu, makna yang terkandung dalam suatu kalimat juga merupakan aspek penting dalam mempelajari dan memahami Bahasa Jepang. Kesulitan yang sering dihadapi pembelajar yaitu pemahaman tentang kaidah bahasa, partikel dan sebagainya. Sama seperti partikel, modalitas juga mempunyai peranan yang penting dalam tata bahasa Jepang. Sehingga, pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang terhadap modalitas toui nakerebanaranai yang berkmakna harus dan perlu dalam kalimat dan modalitas toui beki da yang bermakna saran, perlu dan kewajaran dalam kalimat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan kajian semantik. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dari 20 responden terdapat 70% reponden yang paham terhadap makna dari nakerebanaranai yang bermakna harus dan perlu. Kemudian, dari 20 responden terdapat 30% responden yang paham terhadap makna dari beki da yang memiliki artian saran, perlu dan kewajaran. Selain itu, dari 20 responden terdapat 60% responden yang memahami perbedaaan antara modalitas toui nakerebanaranai dan beki da.

Other obstract

日本語の学習では、使用法が似ている多くの語彙と文のパターンがあります。それとは別に、文章に含まれる意味も日本語を学び理解する上で重要な側面です。学習者がしばしば直面する困難は、言語規則や助詞などを理解することです。助詞のように、モダリティも日本の文法において重要な役割を果たします。 したがって、この研究は、文中の「なければならない」モダリティ に対する日本語教育学生の理解を決定することを目的としています。した がって、この研究は、文中の「なければならない」と「べきだ」のモダリ ティに対する日本語教育大学生の理解を決定することを目的としています。この研究は、セマンティック研究による定性的記述です。 この研究の結果は、20 人の回答者のうち、「なければならない」の意味を理解している回答者の 70%がいることを示しています。そして、20 人の回答者のうち、30%が「べきだ」の意味を理解していました。また、20 人の回答者のうち、60%が「なければならない」と「べきだ」のモダリティの違いを理解していました。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120225
Uncontrolled Keywords: Modalitas, Nakerebanaranai, dan Beki da, モダリティ、なければならない、べきだ
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.601 45 Japanese (Pragmatics)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 May 2023 02:54
Last Modified: 17 May 2023 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199768
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ovin Ahmad Ashar.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item