Kesulitan Belajar Bunpou Chuukyuu Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang

Krisnawati, Nimbar and Febi Ariani Saragih, S.Pd., M.Pd (2020) Kesulitan Belajar Bunpou Chuukyuu Pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh survei yang dilakukan pada lima mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang yang mengalami kesulitan menghafal kosa kata dan pola kalimat bunpou chuukyuu. Diketahui bunpou chuukyuu menguasai kanji sekitar 300 dan kosa kata sekitar 1500 (Nakamura, 2000:28). Serta berdasarkan kartu hasil studi (KHS), lima mahasiswa mengulang pada mata kuliah bunpou chuukyuu I. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang memengaruhi kesulitan belajar bunpou chuukyuu pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Desain penelitian yang digunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner terbuka. Sumber data pada penelitian ini lima mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang angkatan 2017. Pengumpulan data diperoleh hasil kuesioner dari mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa, mahasiswa mengalami kesulitan belajar bunpou chuukyuu disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi intelegensi yaitu, mahasiswa kurang mampu dalam mengingat kosa kata dan pola kalimat. Selain itu, mahasiswa masih kurang mampu memahami makna pola kalimat majemuk. Faktor eksternal disebabkan oleh tingkat kesulitan materi pembelajaran yang cukup sulit dipelajari mahasiswa terutama bagian pola kalimat yang memiliki bentuk yang sama tetapi makna berbeda.

Other obstract

この研究は5人の日本語教育学科の学生が語彙と文法中級を覚えにくい調査によって研究します。Nakamura(2000:28)の理論によると文法中級は約 300 の漢字と約 1500 の語彙を習得することが分かられています。それに、学習成果に基づくと 5 人の大学生が文法中級 I を繰り返しました。したがって、この研究の目的は文法中級の学習困難に影響を与える要因を特定することです。 この研究方法は定性的な記述的を使用します。研究のデザインは事例研究を使用します。データ収集手法はオープンアンケートを使用します。この研究のデータソースは 2017 年の日本語教育学科の 5 人の大学生です。データ収集は大学生のアンケート結果から得られました。 本研究の結果は、大学生は内的および外的要因により、引き起こされた文法中級の学習困難があると結論付けた。内的要因には知性が含まれる。つまり、大学生は語彙や文型を覚えにくい。さらに、大学生は複文のパターンをまだきちんと理解することができない。外的要因は学生が学ぶのが非常に難しい学習教材の難易度、特に同じ形で意味が異なる文型の部分により引き起こされる。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120222
Uncontrolled Keywords: Belajar, Kesulitan Belajar, Bunpou Chuukyuu, 学習、勉強の困難さ、文法中級
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.601 45 Japanese (Pragmatics)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 17 May 2023 01:55
Last Modified: 08 Oct 2024 04:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199743
[thumbnail of Nimbar Krisnawati.pdf] Text
Nimbar Krisnawati.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item