Analisis Alih Kode Lirik Lagu 刘柏辛 (Liú Bó Xīn) Liu Lexie

Riyadiani, Nabilah and Nurila Shanti Octavia, MTCSOL (2021) Analisis Alih Kode Lirik Lagu 刘柏辛 (Liú Bó Xīn) Liu Lexie. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Era globalisasi yang berkembang kerap mempengaruhi masyarakat dalam berbagai bidang, salah satunya yaitu alih kode bahasa lokal dengan bahasa asing. Peralihan bahasa mudah ditemukan dalam karya-karya sastra, salah satunya adalah lagu yang mampu memberikan gambaran tentang keadaan sosial. Dengan begitu, fenomena alih kode sangat menarik untuk dikaji demi menemukan makna dibalik penggunaannya. Peralihan bahasa tersebut adalah salah satu kajian ilmu sosiolingusitik. Pada penelitian ini hal yang akan dikaji adalah wujud dan fungsi alih kode pada album milik 刘柏辛 (Liú Bó Xīn) Liu Lexie. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak bebas libat cakap (SBLC) sedangkan teknik analisisnya menggunakan teknik padan intralingual dan ekstralingual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 33 buah data wujud alih kode dan 8 buah fungsi yaitu sikap bergaya, penegasan perasaan, mengungkap perasaan, penggambaran perasaan, penggambaran keadaan, menanyakan sesuatu, penyesuaian rima, dan mengutarakan harapan.

Other obstract

随着全球化的深入发展,语码转换已经成为一种非常普遍的语言接触现 象,是指一个人在一个对话中交替使用两种或两种以上的语言。文学作品中 存在着语码转换现象,其中有一些是反映社会现状的歌曲。因此,对中文歌 曲中语码转换现象的研究很有意义,也很有必要。语码转换是社会语言学中 的一项研究。本文采用定性的研究方法, 对刘柏辛歌词进行语码转换研究。本研究的意图有两点:一是分析刘柏辛歌词中汉英语码转换的结构特征;二 是探讨歌词作者在歌词中运用语码转换的动因和所实现的功能 这项研究采用定性描述性的研究方法。资料搜集技巧采用听而记(Simak Bebas Libat Cakap / SBLC) 的方法,而资料研究技巧采用语内等效法与语外等效法。本研究的结果表明,刘柏辛的歌词里共有 33 个语码形式的数据, 能分为 8 个部分:表示风格态度、表示肯定情感、表达情感、描述情感、描述情况、提出要求、调整韵律和表达期望。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521120108
Uncontrolled Keywords: Alih Kode, Lagu, 刘柏辛(Liú Bó Xīn) Liu Lexie, 语码转换,双语,音乐,刘柏辛 (Liu Lexie
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.1 Chinese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 May 2023 07:06
Last Modified: 16 May 2023 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199701
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nabilah Riyadiani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item