Gangguan Bentuk Fonologis Pada Anak Usia 7 Tahun Dengan Kondisi Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Studi Kasus Halomoan Siregar)

Azzahra, Nabilah and Dr. Eti Setiawati, M.Pd. (2022) Gangguan Bentuk Fonologis Pada Anak Usia 7 Tahun Dengan Kondisi Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Studi Kasus Halomoan Siregar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada gangguan berbahasa anak dengan kondisi ADHD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk fonologis pada tuturan HS, faktor yang mempengaruhi gangguan berbahasa pada HS, dan strategi penanganannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari tuturan HS, dan hasil wawancara kepada orang tua HS. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan di akhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menemukan sebanyak 40 data, yang terdiri dari perubahan fonem vokal yaitu fonem vokal /a/ >/e/, vokal /a/ > /o/, vokal /i/ > /e/, vokal /u/ > /o/, vokal /e/ > /i/, dan vokal /o/ > /u/, perubahan fonem konsonan /s/ > /t/, konsonan /r/ > /l/, konsonan /p/ > /n/, perubahan fonem vokal menjadi konsonan /i/ > /y/, penghilangan fonem vokal yaitu /i/, /u/, /e/. Penghilangan fonem konsonan yaitu /h/, /k/, /l/, /s/, penghilangan fonem vokal rangkap menjadi vokal tunggal /ai/ > /e/, /au/ > /o/, penghilangan deret vokal menjadi vokal /uo/ > /o/, penghilangan gugus konsonan /ny/ dan /sy/. Kemudian penambahan fonem vokal yaitu /e/, dan penambahan fonem konsonan yaitu /n/ dan /h/. Faktor yang mempengaruhi terjadinya gangguan berbahasa pada HS yaitu disebabkan oleh masalah artikulasi dan dipicu oleh faktor lingkungan. Kemudian, untuk strategi penanganan yang dapat dilakukan terkait kondisi gangguan berbahasa pada HS, yaitu dengan menstimulus HS dengan cara membacakan cerita, mengenalkan simbol-simbol, dan mengajak HS berkomunikasi secara konsisten.

English Abstract

This study focuses on language disorders in children with ADHD. The purpose of this study is to describe the phonological forms of HS speech, the factors that influence language disorders in HS, and strategies for handling them. This research is a type of qualitative descriptive research. The source of the research data came from HS's speech, and the results of interviews with HS' parents. Data collection techniques in this study were in the form of observation, documentation, and interviews. The data analysis technique of this research uses data reduction method, data presentation, and concludes with drawing conclusions. The results of this study found 40 data, which consisted of changes in vocal phonemes, namely vowel /a/ >/e/, vowel /a/ > /o/, vowel /i/ > /e/, vowel /u/ > /o /, vowels /e/ > /i/, and vowels /o/ > /u/, phoneme changes to consonants /s/ > /t/, consonants /r/ > /l/, consonants /p/ > /n/, change of vowel phonemes to consonants /i/ > /y/, removal of vocal phonemes namely /i/, /u/, /e/. Deletion of consonant phonemes namely /h/, /k/, /l/, /s/, deletion of double vowel phonemes to become single vowel /ai/ > /e/, /au/ > /o/, deletion of vowel series to become vowel /uo / > /o/, removal of consonant clusters /ny/ and /sy/. Then the addition of vowel phonemes, namely /e/, and the addition of consonant phonemes, namely /n/ and /h/. Factors that influence the occurrence of language disorders in HS are caused by articulation problems and triggered by environmental factors. Then, for the handling strategies that can be carried out related to the condition of language disorders in HS, namely by stimulating HS by reading stories, introducing symbols, and inviting HS to communicate consistently

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522120331
Uncontrolled Keywords: gangguan berbahasa, ADHD, psikolinguistik, fonologi, language disorder, ADHD, psycholinguistics, phonology
Subjects: 400 Language > 499 Non-Austronesian languages of Oceania, Austronesian languages, miscellaneous languages > 499.22 Malayo-Polynesian languages of Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei, East Timor; Chamic languages > 499.221 Indonesian (bahasa Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 16 May 2023 06:59
Last Modified: 16 May 2023 06:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199698
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
NABILAH AZZAHRA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item