Anjarsari, Maylany and Dian Novita Dewi, S.Pd., M.Li. (2020) Students’ View on Instructional Materials and Methods for Extensive Listening: A Survey Study. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bahasa Inggris adalah bahasa internasional dan sangat penting untuk belajar bahasa inngris sebagai bahasa asing. Terdapat empat keterampilan dasar pada pembelajaran bahasa, diantaranya listening, writing, speaking dan reading. Tidak jarang siswa mendapati masalah pada salah satu keterampilan dasar. Khususnya pembelajaran pada keterampilan mendengarkan, terdapat banyak kesulitan yang dialami oleh siswa pada keterampilan mendengarkan. Beberapa masalahnya adalah terbatasnya pengetahuan siswa mengenai kosakata, keterbatasan pada hal tatabahasa, logat dan tingkat kecepatan materi dan tingkat materi yang tidak sesuai dengan tingkatan pengetahuan siswa. Extensive Listening diyakini untuk bisa memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Extensive Listening diperkenalkan oleh Renandya (2010), dimana ini menjadi referensi utama pada penelitian ini. Penelitian ini diadakan untuk menjawab rumusan masalah yakni (1) Bagaimana pendapat siswa tentang materi yang digunakan pada kelas Extensive Listening?, (2) Bagaiman pendapat siswa tentang metode yang digunakan pada kelas Extensive Listening? Penelitian ini adalah sebuah penelitian survei pada suatu waktu yang melibatkan 165 siswa dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris siswa tahun 2015 sampai 2018 yang berpotensi sebagai partisipan. Data penelitian dikumpulkan melalui penggunaan borang sebagai alat pada penelitian. Boring berisikan pertanyaan tentang pendapat siswa perihal materi dan metode yang digunakan atau diap likasikan pada kelas Extensive Listening. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa siswa memberikan pendapat positif perihal materi dan metode yang digunakan pada kelas Extensive Listening, yang dapat dilihat dari respon siswa atau responden pada borang. Hal ini juga menunjukan bahwa siswa juga masih mendapati kendala pada pembelajaran di kelas listening. Masalah yang sering ditemui adalah materi yang terlalu susah, ini menunjukan bahwa dari respon siswa atau responden pada borang. Hal ini juga menunjukan bahwa siswa juga masih mendapati kendala pada pembelajaran di kelas listening. Masalah yang sering ditemui adalah materi yang terlalu susah, ini menunjukan bahwa tingkatan materi berada diatas tingkatan pengetahuan siswa pada listening. Pada jawaban lainnya terkait metode menunjukan bahwa metode yang paling digemari oleh siswa adalah Listen and Predict dan metode yang jarang disukai adalah Dictation.
English Abstract
English is an international language and it is important to learn the English as foreign language. There are four basic skills in learning language, there are listening, writing, speaking and reading. Sometimes the students found the problem in one of the basic skill. Especially in the listening skills, there are many difficulties that students’ faced in the listening. Some of the problems are the students’ lack of vocabulary, the lack of grammar, accents and speed of the materials and the materials’ level above the students’ proficiency level. An extensive listening is believed to provide solutions of the problems. An extensive listening was introduced by Renandya (2010), it is a one of the main references of this study. The research was conducted in order to answer the research questions, namely, (1) How is the students’ perception about the material used in the Extensive Listening class?, and (2) How is the students’ percept ion about methods used in the Extensive Listening class? The research was a cross sectional survey research involving the 165 students of the English Education Program in 2015 to 2018 students’ year as potential participants. The research data were collected by using the questionnaire as the instrument of the research. The questionnaire contains the questions about the students’ view on the materials and methods used in the Extensive Listening class. The result of the data showed that the students gave positive view towards materials and methods used in the Extensive Listening class, it showed by the students’ answer on the questionnaire. It also shows that the students still faced the problem in learning in the listening class. The most problem is the materials are too hard, it means that the materials’ level are above the students’ level in the listening. On the other responses about the method, it shows that the most favorite methods is Listen and Predict and the least favorite one is dictation.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | - |
Uncontrolled Keywords: | extensive listening,materials, methods |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 15 May 2023 07:08 |
Last Modified: | 26 Sep 2024 07:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/199579 |
![]() |
Text
Maylany Anjarsari.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |